Perusahaan riset pasar Compas, merilis daftar merek facial wash atau pembersih wajah terlaris di sejumlah e-commerce dalam negeri periode semester I 2024.
Riset ini menggunakan metode crawling atau penelusuran digital periode Januari-Juni 2024. Data yang dikoleksi berupa penjualan dari toko official maupun non-official di Shopee, Tokopedia, TikTok Shop, Lazada, dan Blibli dengan rating minimal bintang 4.
Hasilnya, Skintific menempati posisi puncak dengan meraih pangsa pasar 5,7% dari total volume penjualan pembersih wajah di e-commerce periode tersebut.
Urutan kedua ada Cetaphil yang meraih pangsa penjualan pembersih wajah sebesar 4,3%. Posisinya disusul merek grup Paragon yaitu Kahf dan Wardah yang masing-masing meraih pangsa 3,7% dan 3,6%.
Sementara pembersih wajah lainnya seperti Garnier, Cosrx, Ms Glow, Pond’s, Somethinc, dan Daviena pangsanya kurang dari 3,5% seperti terlampir pada grafik.
Di samping itu Compas menemukan, dari top 50 merek kategori produk pembersih wajah di e-commerce, sebanyak 52% di antaranya berasal dari merek lokal. Nilai penjualannya sebesar Rp368 miliar pada semester pertama tahun ini.
Sedangkan 48% lainnya berasal dari merek global. Meskipun porsinya lebih sedikit, nilai penjualannya lebih tinggi yaitu mencapai Rp390 miliar sepanjang semester I 2024.
(Baca: 10 Merek Parfum Terlaris di E-Commerce pada Semester I 2024)