Menurut laporan International Data Corporation (IDC), volume pengiriman tablet global mencapai 30,8 juta unit pada kuartal I 2024. Angkanya naik tipis 0,5% dari tahun sebelumnya (year-on-year/yoy).
Pada tiga bulan pertama tahun ini, Apple masih menguasai pasar global dengan mengirimkan 9,9 juta unit tablet. Volumenya turun 8,5% (yoy) dibanding periode sama tahun sebelumnya.
Kendati demikian, perusahaan besutan Steve Jobs berhasil menjadi produsen tablet nomor satu yang meraih pangsa pasar global sebesar 32%.
Di urutan kedua ada Samsung yang mendistribusikan 6,7 juta tablet pada kuartal I 2024.
Volume pengirimannya turun 5,8% secara tahunan (yoy), lantaran merek-merek pesaing yang gencar berpromisi di Eropa dan Asia Pasifik. Selain itu, IDC menyebut kurangnya produk baru juga dinilai sebagai penghambat pertumbuhan Samsung.
Ketiga ada Huawei dengan pengiriman tablet yang melonjak 43,6% (yoy) menjadi 2,9 juta unit pada kuartal pertama tahun ini.
Lalu Lenovo berada di posisi keempat dengan pengiriman tablet sebanyak 2,1 juta unit atau naik 13,2% pada periode sama tahun sebelumnya (yoy). Kenaikan ini ditopang oleh pengriman tablet seri P.
Terakhir ada Xiaomi yang mengirimkan 1,8 juta unit tablet secara global pada kuartal I 2024. Pabrikan asal China ini mencatatkan kenaikan pengiriman tablet tertinggi, yaitu mencapai 92,6% (yoy).
Analis Riset Senior IDC Anuroopa Nataraj menyebut, pasar tablet global mulai menunjukkan tanda-tanda pemulihan pada kuartal pertama tahun ini.
“Keuntungan akan datang dari rilisan terbaru berikutnya, diikuti oleh pertumbuhan di segmen komersial karena semakin banyak tablet yang digunakan di sektor pendidikan dan gig economy,” kata Anuroopa dalam keterangannya, Jumat (3/5/2024).
(Baca: Peta Pasar Produk Apple, Asia-Pasifik Hanya Sumbang 8%)