Litbang Kompas merekam preferensi masyarakat Indonesia dalam belanja baju Lebaran 2024 melalui jajak pendapat.
Hasilnya, mayoritas atau 30% responden memilih belanja pakaian/fashion di pasar modern seperti mal atau supermarket.
"Tempat belanja ini memiliki daya pikat berupa lokasi yang strategis, ruangan yang terang dan menarik, serta nyaman berpendingin udara," tulis Peneliti Litbang Kompas Agustina Purwanti dalam laporannya, Kamis (4/4/2024).
Berikutnya, sebanyak 29% responden memilih belanja baju Lebaran di pasar tradisional, 24,3% di toko online atau marketplace, 1,8% di warung tetangga, dan 0,8% di tempat-tempat lainnya.
Sementara ada 13% responden yang tidak membeli baju baru pada Lebaran tahun ini, dan 1,6% menjawab tidak tahu.
Survei Litbang Kompas ini melibatkan 505 responden yang dipilih secara acak menggunakan metode pencuplikan sistematis bertingkat di 38 provinsi Indonesia.
Pengumpulan data dilakukan pada 18-20 Maret 2024 melalui wawancara telepon. Toleransi kesalahan survei (margin of error) sekitar 4,36% dan tingkat kepercayaan 95%, dalam kondisi penarikan sampel acak sederhana.
(Baca: Baju Baru, Belanja Utama 'Digital Savvy' saat Ramadan)