Perusahaan riset pasar Compas menganalisis persaingan merek kopi di e-commerce dalam negeri selama periode Agustus-September 2024.
Riset ini dilakukan menggunakan metode crawling atau penelusuran digital. Compas mengumpulkan data penjualan dari toko official maupun non-official di Shopee, Tokopedia, Blibli, Lazada, dan TikTok Shop, dengan rating produk minimal bintang 4.
Hasilnya, 8 dari 10 merek kopi terlaris di e-commerce diisi oleh merek lokal. Sementara dua merek lainnya yaitu Nescafe dan Maxim berasal dari luar negeri.
Kapal Api menempati posisi puncak dengan merah pangsa 21,3% dari total penjualan kopi di e-commerce periode ini.
"Kapal Api jadi brand terlaris di kategori kopi setelah menggunakan pemain Timnas sebagai bintang iklan," tulis Compas di akun Instagramnya, Senin (7/10/2024).
Adapun merek kopi lokal ini pertama kali mengunggah pemain Timnas di Instagram resminya pada akhir Juli 2024. Menurut pantauan Compas, penjualan Kapal Api pada Agustus-September 2024 melonjak 43% dibanding dua bulan sebelumnya.
Capaian Kapal Api jauh melampaui kompetitornya, Good Day, yang hanya memiliki pangsa 6,9%. Diikuti Nescafe dengan 6,5%, Indocafe 4,5%, Top Coffee 4,2%, dan Luwak White Koffie 4,2%.
Sementara merek kopi lainnya seperti ABC, Torabika, Maxim, dan Excelso meraih pangsa kurang dari 3,5% seperti terlampir pada grafik.
(Baca: 10 Negara Tujuan Utama Ekspor Kopi Indonesia Semester I 2024)