Perusahaan riset industri kecantikan milik PT Social Bella (Sociolla), Insight Factory by SOCO, mengungkap alasan konsumen Indonesia belanja kosmetik atau produk kecantikan secara offline atau langsung ke toko.
Hasil survei menunjukkan, mayoritas atau 77% responden belanja kosmetik toko offline karena ingin mencoba produknya secara langsung, misalnya mencium baunya, melihat warna, dan meraba tekstur.
Lalu 66% responden ingin menerima produk dalam kondisi yang baik, dan 61% belanja kosmetik secara offline untuk mendapat rekomendasi atau konsultasi dengan beauty advisor.
“Pengalaman dan konsultasi adalah alasan utama mengapa konsumen lebih memilih belanja di toko offline,” tulis tim Insight Factory by SOCO dalam laporan bertajuk Behavior in Purchasing Beauty Categories.
Selain itu, ada pula 58% responden yang berbelanja kosmetik secara offline karena impulsif atau kebetulan melewati tokonya.
Insight Factory by SOCO melakukan survei ini terhadap basis data konsumen internal mereka, yang sebagian besar merepresentasikan kalangan generasi Z dan milenial dari berbagai wilayah Indonesia. Pengambilan data berlangsung pada 2023.
(Baca: Ini Alasan Mayoritas Warga RI Beli Skincare & Makeup di Toko Resmi Online)