Ada banyak hal yang memotivasi konsumen Indonesia untuk berbelanja secara online.
Hal-hal itu tercatat dalam laporan survei Populix yang bertajuk Indonesia Shopper Behavior on Promotion Week in the Face of Economic Uncertainty 2023.
Menurut laporan tersebut, mayoritas atau 48% responden melakukan belanja online karena didorong faktor kebutuhan.
Ada juga responden yang termotivasi belanja online karena ada promosi berupa cashback (25%), gratis ongkos pengiriman barang (23%), dan untuk mendapatkan kepuasan diri (20%).
(Baca Juga: 5 E-Commerce dengan Pengunjung Terbanyak Kuartal I 2023)
Hal lain yang memotivasi responden untuk belanja online adalah promosi berupa voucher, diskon tanggal kembar, diskon penjual, ulasan produk di toko, bundling produk gratis, produk edisi terbatas, dan undian berhadiah, dengan persentase seperti terlihat pada grafik di atas.
Survei ini melibatkan 1.086 responden yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia, dengan rincian di Pulau Jawa 75%, Sumatra 16%, dan pulau-pulau lainnya 10%. Koleksi data dilakukan pada periode 25-27 Januari 2023.
(Baca juga: Tren Belanja Online di Kalangan Perempuan Naik Sejak Pandemi, Bagaimana Laki-laki?)