Tren Belanja Online di Kalangan Perempuan Naik Sejak Pandemi, Bagaimana Laki-laki?

Teknologi & Telekomunikasi
1
Vika Azkiya Dihni 12/04/2022 11:40 WIB
Tren Minat Belanja Online Perempuan vs Laki-laki (2019-2021)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Kecenderungan masyarakat untuk berbelanja online melalui platform digital semakin meningkat sejak pandemi Covid-19. Namun demikian, ada perbedaan antara minat belanja online antara laki-laki dan perempuan di Indonesia.

Hal ini berdasarkan riset dari I-Price yang menunjukkan bahwa sejak pandemi, perempuan semakin gemar belanja online dibandingkan laki-laki. Tercatat, persentase perempuan yang berbelanja online semakin meningkat dari 46% pada 2019 menjadi 51% pada 2020 dan 53% pada 2021.

Sebaliknya, persentase laki-laki yang berbelanja online justru terus menurun. Pada 2019, persentasenya tercatat sebesar 54%, kemudian menurun menjadi 49% pada 2020 dan kembali menurun 47% pada 2021.

Jika dilihat berdasarkan lamanya waktu berbelanja online, laporan I-Price menunjukkan bahwa perempuan menghabiskan lebih banyak waktu untuk berbelanja online ketimbang laki-laki.

Adapun waktu paling digemari perempuan untuk berbelanja online yaitu pada jam 04.00-22.00. Sedangkan, berbelanja saat tengah malam (23.00-03.00) lebih disukai oleh laki-laki.

(Baca Juga: Survei: Mayoritas Konsumen Belanja Online pada Malam Hari)

Editor : Annissa Mutia
Data Populer
Lihat Semua