Belanja online kini telah menjadi gaya hidup keseharian masyarakat di berbagai belahan dunia, termasuk di Indonesia.
Menurut survei Jajak Pendapat (JakPat), mayoritas atau 50% responden dari kelompok konsumen Indonesia suka berbelanja online pada malam hari, yakni sekitar pukul 18.00-00.00.
Sebanyak 30% responden lainnya memilih waktu belanja online siang hari, yakni pukul 09.00-15.00.
Kemudian 12% responden memilih sore hari, yakni pukul 15.00-18.00.
Ada pula 5% responden yang lebih suka belanja online pada dini sampai pagi hari, sekitar pukul 03.00-09.00.
Sementara itu 3% responden memilih waktu larut malam, sekitar pukul 00.00-03.00.
Survei ini dilakukan Jakpat terhadap 1.700 responden di wilayah Jawa dan luar Jawa yang berbelanja di e-commerce selama semester kedua 2021.
Survei dilakukan secara online melalui aplikasi JakPat, dengan margin of error di bawah 3%.
(Baca Juga: Waktu Orang Indonesia Mengakses Aplikasi Belanja Online Meningkat Drastis di 2021)