Berbagai aplikasi e-commerce kini memiliki fitur live shopping, yang memungkinkan pembeli berinteraksi dengan penjual melalui siaran video langsung atau live streaming.
Menurut survei Katadata Insight Center (KIC), dari 1.381 orang responden, ada 43% yang sering mencari produk lewat fitur tersebut.
(Baca: Aplikasi Live Commerce yang Digunakan Konsumen Indonesia)
Di kelompok yang sering menggunakan fitur live shopping, mayoritasnya mencari produk di saluran ini karena ada banyak promo seperti diskon atau gratis ongkos kirim (72%).
Banyak pula yang melakukan hal serupa karena bisa mengetahui deskripsi produk lebih terperinci (67%), lebih percaya kualitas produk karena diperlihatkan langsung lewat video (62%), dan bisa berinteraksi langsung dengan penjualnya (62%).
Alasan lain adalah fiturnya lebih mudah diakses (48%), ada pemberitahuan sebelumnya dari penjual bahwa mereka akan siaran langsung (42%), muncul saran konten saat menelusuri TikTok (38%), atau karena sudah biasa/selalu belanja lewat live shopping (33%).
KIC melakukan survei ini secara online pada 5-18 November 2024 terhadap 1.381 responden, kemudian dikerucutkan kepada 592 orang yang sering mencari produk lewat fitur live shopping.
Karakteristik responden berusia antara 18-44 tahun, berasal dari berbagai kelas sosial-ekonomi, dan pernah belanja melalui live shopping dalam setahun terakhir.
Responden tersebar di 10 kota besar Indonesia, yaitu Jakarta, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Medan, Palembang, Balikpapan, Denpasar, dan Makassar.
(Baca: Ini E-Commerce dengan Fitur Live Streaming Terbaik untuk Jualan)