Survey Report: Consumer Behaviour on Live Shopping
Kegiatan live shopping atau berbelanja online secara langsung menjadi tren yang semakin digemari. Berbagai platform media sosial hingga marketplace berlomba-lomba menyediakan fitur live streaming yang memungkinkan penjual memasarkan produk secara langsung sambil berinteraksi dengan pembeli.
Dalam survei yang dilakukan Katadata Insight Center (KIC) bertajuk Consumer Behavior on Live Shopping terungkap, promo yang menarik merupakan faktor pemikat bagi masyarakat untuk membuka live shopping. Dalam hasil survei juga terungkap, kemudahan melihat penjelasan produk secara langsung menjadi alasan konsumen merasa nyaman belanja produk-produk lokal. Tren ini tentunya membuka peluang besar bagi brand lokal untuk menjual produk mereka.
Survei dilakukan pada 5-18 November 2024 terhadap 1.381 responden berusia 18-44 tahun yang pernah belanja secara live shopping dalam satu tahun terakhir mencakup wilayah Jakarta, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Medan, Palembang, Balikpapan, Denpasar, dan Makassar.
Data Terkait
Katadata Insight Center (KIC) merupakan unit bisnis Katadata dengan fokus utama pada riset dan analisis data. Kami menyediakan informasi mendalam untuk menghasilkan kebijakan yang berdampak lebih besar.
Hubungi kami