Aplikasi berbagi video pendek, TikTok, semakin populer di jagat dunia maya. Data Business of Apps menunjukkan, TikTok sudah memiliki 1,53 miliar pengguna aktif bulanan (monthly active users/MAU) di seluruh dunia hingga kuartal III 2022.
Jumlah tersebut naik 4,63% dibandingkan kuartal sebelumnya (quarter-to-quarter/qtq). Pada kuartal II 2022, jumlah pengguna aktif bulanan TikTok sebanyak 1,46 miliar pengguna.
Begitu pula jika dibandingkan periode yang sama tahun lalu (year-on-year/yoy), angkanya melonjak 47,92%. Tercatat, jumlah pengguna aktif bulanan TikTok sebesar 1,03 miliar pengguna pada kuartal III 2021.
Jika dibandingkan dengan kuartal III 2018, jumlah pengguna aktif bulanan aplikasi besutan Bytedance ini bahkan telah melonjak hingga lebih dari 674,74%.
Adapun secara tren, jumlah pengguna aktif bulanan TikTok di seluruh dunia terus mengalami peningkatan pesat sejak awal pandemi alias 2020.
Meski jumlah penggunanya bertambah, TikTok justru mencatatkan penurunan pendapatan 4,6% pada kuartal III 2022 menjadi US$1,56 miliar. Padahal, aplikasi buatan Tiongkok ini sempat mengantongi rekor pendapatan tertinggi sejak 2017 yakni pada kuartal II 2022 yang mencapai US$1,64 miliar.
(Baca: Pendapatan TikTok Turun 4,62% pada Kuartal III-2022)