Hasil survei Kurious dari Katadata Insight Center (KIC) menujukkan, hamburger salah satu jenis makanan cepat saji yang banyak dikonsumsi masyarakat Indonesia dalam tiga bulan terakhir, yaitu sebanyak 42,9%.
Burger King dinobatkan menjadi restoran cepat saji dengan hamburger terenak menurut masyarakat Indonesia. Hal ini berdasarkan hasil survei Kurious dari Katadata Insight Center (KIC) tentang preferensi hamburger di restoran cepat saji.
Hasilnya, hamburger di Burger King menempati peringkat pertama dengan perolehan suara 44,1%. Lalu, disusul oleh hamburger milik McDonald’s dengan perolehan suara 32,6%.
Peringkat ketiga teratas ditempati oleh hamburger milik Kentucky Fried Chichken alias KFC sebesar 10%. Lalu, diikuti oleh hamburger milik Carl’s Jr sebesar 4,8%, A&W 3,3%, Wendy’s 3%, Richeese Factory 0,4%, Texas 0,4%, dan CFC 0%. Di sisi lain, ada 1,5% responden yang menyebutkan merek lainnya.
Selain terenak, survei Kurious juga menempatkan Burger King sebagai hamburger dengan harga termurah dengan perolehan suara 31,1%. Hamburger termurah berikutnya adalah McDonald’s 25,9% dan KFC 18,5%.
Survei ini dilakukan terhadap 629 responden dengan metode computer-assisted web interviewing (CAWI) pada 31 Januari - 9 Februari 2023. Survei memiliki margin of error sebesar 3,9% dengan tingkat kepercayaan 95%.
Demografi responden dalam survei ini mayoritas berjenis kelamin perempuan (51,8%) dengan rentang kelompok usia 25-34 tahun (30,8%) dari berbagai wilayah di area Jawa non-DKI Jakarta (63,1%).
(Baca: 10 Restoran Terkaya di Dunia Awal 2023, McDonald’s Juara)