Compas, perusahaan riset pasar, merilis daftar merek masker wajah terlaris di sejumlah e-commerce dalam negeri periode semester I 2024.
Riset ini menggunakan metode crawling atau penelusuran digital periode Januari-Juni 2024. Data yang dikoleksi berupa penjualan dari toko official maupun non-official di Shopee, TikTok Shop, Tokopedia, dan Blibli dengan rating minimal bintang 4.
Hasilnya, Bioaqua memimpin di puncak dengan pangsa pasar sebesar 17,9% dari total volume penjualan masker wajah di e-commerce pada paruh pertama tahun ini.
Berikutnya ada The Originote dengan pangsa 5,9%, disusul Sadoer dan Skintific yang sama-sama meraih pangsa 5,6%.
Sementara, merek masker wajah lainnya seperti Glad2Glow, Rorec, Les Gloria, dorskin, Hanasui, dan Oh My Skin! pangsanya kurang dari 3%, seperti terlampir pada grafik.
Di samping itu Compas juga mendata, dari top 50 merek kategori produk masker wajah di e-commerce, sebanyak 58% di antaranya berasal dari merek global yang menyumbang penjualan sebanyak 10,3 juta produk.
Sedangkan 42% lainnya berasal dari merek lokal, dengan total penjualan 4,9 juta produk sepanjang semester I 2024.
(Baca: Ini Hal yang Menarik Konsumen Belanja Kosmetik di Toko Online)