Perusahaan riset milik PT Social Bella (Sociolla), Insight Factory by SOCO, menyurvei pengeluaran konsumen milenial dan generasi Z saat belanja kosmetik atau produk kecantikan.
Menurut survei tersebut, mayoritas atau 38% milenial menghabiskan antara Rp150 ribu sampai Rp300 ribu dalam sekali belanja.
Kemudian mayoritas atau 48% generasi Z menghabiskan kurang dari Rp150 ribu saat membeli produk serupa.
Sementara yang belanjanya melebihi Rp300 ribu di kelompok milenial ada 28%, sedangkan di kelompok generasi Z hanya 17%.
Menurut Amanda Melissa, VP Data Management & Business Intelligence Social Bella, hal ini menunjukkan bahwa konsumen generasi Z cenderung lebih irit.
"Kalau dilihat dari usia gen Z, umur belasan tahun lagi ngapain, sih? Sekolah. Ada juga usia yang baru kuliah atau pertama kali bekerja. Itu yang membuat gen Z sebagian besar lebih sadar akan budget," kata Amanda saat memaparkan risetnya di Jakarta, dilansir Kompas.com, Rabu (7/8/2024).
Dalam laporan ini milenial adalah konsumen berusia 30-44 tahun, sedangkan gen Z berusia 14-29 tahun.
Insight Factory by SOCO melakukan surveinya terhadap basis data konsumen internal mereka, yang merepresentasikan kalangan generasi Z dan milenial dari berbagai wilayah Indonesia. Pengambilan data berlangsung pada 2023.
(Baca: Ini Hal yang Menarik Konsumen Belanja Kosmetik di Toko Online)