Mobile Legends vs PUBG, Mana yang Lebih Disukai Konsumen Indonesia?


Nama Data | Nilai |
---|---|
Mobile Legends Bang-Bang | 67 |
PUBG Mobile | 28 |
Clash of Clans | 24 |
Garena Free Fire | 17 |
eFootball PES 2021 | 10 |
Candy Crush Saga | 10 |
Call of Duty: Mobile | 7 |
Clash Royale | 7 |
FIFA Soccer | 6 |
Angry Birds | 4 |
League of Legends | 4 |
State of Survival | 4 |
Minecraft Pocket Edition | 3 |
Rise of Kingdoms | 3 |
Arena of Valor | 3 |
Pokemon GO | 3 |
Honkai Impact 3 | 3 |
Roblox | 3 |
- A Font Kecil
- A Font Sedang
- A Font Besar
Menurut survei digital dari Telkomsel, tSurvey.id, Mobile Legends: Bang-Bang merupakan mobile game yang paling banyak disukai di Indonesia. Mayoritas atau 67% responden memainkan game ini.
PUBG Mobile menempati peringkat kedua dengan persentase sebesar 28%. Lalu Clash of Clans menduduki peringkat ketiga dengan persentase 24%.
Kemudian sebanyak 17% responden bermain Garena Free Fire, 10% bermain eFootball PES 2021 dan Candy Crush Saga.
Sisanya, responden yang bermain game Call of Duty: Mobile, Clash Royale, FIFA Soccer, Angry Birds, League of Legends: Wild Rift, State of Survival, Minecraft Pocket Edition, Rise of Kingdoms, Arena of Valor, Pokemon GO, Honkai Impact 3, dan Roblox lebih sedikit yaitu berkisar antara 3% sampai 7%.
Survei itu juga menemukan bahwa Multiplayer Online Battle Arena (MOBA) merupakan genre mobile game yang paling disukai di Indonesia dengan persentase 65%. Adapun MOBA adalah sebuah permainan multipemain daring yang bertema pertarungan di dalam arena.
Genre mobile game yang paling disukai di Tanah Air berikutnya adalah battle royale dan action/adventure dengan persentase masing-masing 31% dan 16%.
Survei ini dilakukan terhadap 2.000 responden di Indonesia melalui fitur audience profiler dari tSurvey.id, sebanyak 1.000 responden di antaranya berasal dari Kota Metro/Kota Tier 1, dan sisanya dari Non-Metro.
Mayoritas responden berjenis kelamin laki-laki dengan proporsi hampir 75%. Lebih dari separuh responden berusia kurang dari 35 tahun (60%) dengan 2 dari 3 responden berstatus belum menikah.
Kebanyakan responden berstatus pelajar, mahasiswa, serta orang dewasa yang bekerja (86%), dengan socio-economic status (SES) kelas menengah ke atas (73%).
(Baca: Ini Perusahaan Game dengan Pendapatan Terbesar pada 2021)