Mobile banking adalah layanan transaksi perbankan melalui aplikasi ponsel. Dengan layanan ini nasabah bisa melakukan pembayaran, transfer, pengecekan saldo, ataupun transaksi keuangan lainnya melalui smartphone.
Menurut survei yang digelar Top Brand Award, m-BCA merupakan aplikasi mobile banking paling populer di Indonesia pada 2022.
Penilaian ini dibuat berdasarkan survei terhadap 8.500 responden yang tersebar di 15 kota besar Indonesia. Responden terdiri dari 6.000 sampel acak, 1.700 sampel booster, dan 800 sampel booster B2B.
Sampel dipilih dengan metode multistage area random sampling dan purposive sampling. Sampel kemudian diwawancarai secara tatap muka menggunakan kuesioner terstruktur yang didesain untuk mengukur tiga parameter, yaitu:
- Top of Mind: merek produk pertama yang disebut responden
- Last Usage: merek produk terakhir yang digunakan responden
- Future Intention: keinginan responden untuk menggunakan produk merek tersebut di masa depan
Skor Top Brand Index (TBI) selanjutnya diperoleh dengan cara menghitung rata-rata terbobot masing-masing parameter.
Dengan sistem penilaian tersebut, aplikasi mobile banking besutan Bank Central Asia (BCA), yaitu m-BCA, memperoleh skor TBI sebesar 47,4%, tertinggi dibanding para pesaingnya.
Di peringkat kedua ada BRI Mobile dengan skor TBI 19,4%. Diikuti m-banking Mandiri 12,9% dan BNI Mobile 11,2%.
Sementara itu, CIMB Niaga Mobile tercatat memiliki skor TBI terendah dalam daftar ini, yakni 3,8%.
(Baca: Sepanjang 2021, Lebih dari Separuh Transaksi Bank BCA Gunakan Mobile Banking)