Survei Jakpat menunjukkan, sebanyak 896 dari 1.115 generasi Z mengonsumsi kopi. Dari 896 responden tersebut, 316 atau 35% di antaranya mengonsumsi kopi kafe.
Kopi kafe yang paling banyak dikonsumsi gen Z adalah Kopi Kenangan, dengan proporsi 60% dari total gen Z yang minum kopi kafe.
Merek terlaris kedua adalah Janji Jiwa, sebanyak 56%. Ketiga, Fore, sebanyak 54%.
Posisi keempat ada Tomoro dengan proporsi 36%. Terakhir, Tuku, sebanyak 28%.
Jakpat juga menyurvei, 57% dari 896 gen Z yang minum kopi, lebih memilih kopi instan yang memiliki rasa. Selain itu ada 38% yang mengonsumsi kopi instan murni.
Lalu ada 35% responden yang mengonsumsi kopi kafe, 27% kopi kemasan, dan 20% kopi keliling.
Survei kopi ini masuk dalam pembahasan perilaku konsumsi gen Z dalam laporan Gen Z Characteristics & Behaviors. Secara umum, survei ini menyasar 1.155 gen Z yang lahir antara 1997-2012. Proporsi jenis kelaminnya imbang, yakni 50% laki-laki dan 50% perempuan.
Sebanyak 28% responden tersebar di Jakarta dan sekitarnya, yakni Jakarta Pusat, Jakarta Barat, Jakarta Selatan, Jakarta Timur, Jakarta Utara, Kota Bogor, Kota Depok, Kota Tangerang, Kota Tangerang Selatan, Kota Bekasi; 44% tersebar di Jawa, yakni Jawa Barat (kecuali Kota Bogor, kota Bekasi, Kota Depok), Banten (kecuali Kota Tangerang, Kota Tangerang Selatan), Jawa Timur, Jaw Tengah, DI Yogyakarta; dan sebanyak 28% di luar Pulau Jawa, yakni seluruh area di Sumatera, Kalimantan, Bali, Nusa Tenggara, Sulawesi, Maluku, dan Papua.
Data dikoleksi pada 6-9 Desember 2024 melalui aplikasi mobile Jakpat dengan toleransi kesalahan atau margin of error di bawah 5%.
(Baca juga: Berapa Biaya yang Dikeluarkan Gen Z untuk Beli Kopi? Ini Surveinya!)