Pemerintah Buka 71.643 Formasi CASN 2024 di IKN, Ini Rinciannya

Ketenagakerjaan
1
Nabilah Muhamad 06/05/2024 13:07 WIB
Kebutuhan CASN untuk Penempatan di IKN (2024)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) menyiapkan 71.643 formasi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) untuk ditempatkan di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Dari jumlah tersebut, sebanyak 14.114 formasi dialokasikan untuk Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan 57.529 formasi untuk Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Menteri PANRB Azwar Anas menyebut, formasi CASN di IKN diperuntukkan bagi instansi pusat yang akan pindah ke Nusantara. 

“Formasinya macam-macam, misalnya Kementerian Kesehatan, Kementerian Pendidikan, dan seluruh kementerian lainnya. Mereka kami minta mengusulkan formasi untuk ke IKN,” kata Anas dalam konferensi pers yang disiarkan di kanal YouTube KemenpanRB, Jumat (3/5/2024). 

Anas menjelaskan, setiap kementerian/lembaga (K/L) diminta untuk mengusulkan formasi untuk ke IKN, terutama bagi fresh graduate

“Di samping adanya pegawai pusat yang akan pindah ke IKN, sekarang juga disiapkan formasi oleh Bapak Presiden talenta-talenta digital untuk direkrut ke IKN,” katanya. 

Adapun secara keseluruhan, pemerintah menyediakan 2,3 juta formasi CASN. Anas mengklaim ini jadi yang terbesar dalam 10 tahun terakhir rekrutmen ASN di Indonesia. 

(Baca: Persiapan Pilkada, Bawaslu Buka 18 Ribu Formasi CASN 2024)

Data Populer
Lihat Semua