Persiapan Pilkada, Bawaslu Buka 18 Ribu Formasi CASN 2024

Ketenagakerjaan
1
Nabilah Muhamad 22/04/2024 14:09 WIB
Kebutuhan Formasi CASN Bawaslu (2024)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) akan membuka 18.557 formasi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) pada 2024.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas menyebut, lowongannya terbagi menjadi calon pegawai negeri sipil (CPNS) 1.984 formasi, dan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) 16.573 formasi.

"(Kebutuhan CASN) termasuk untuk formasi-formasi penting dalam mendukung kinerja Bawaslu, seperti analis hukum, analis pengawasan, hingga auditor," kata Anas saat menyerahkan izin formasi CASN di lingkungan Bawaslu, Jakarta, Kamis (18/4/2024).

Ia berharap CASN baru ini dapat mendorong kinerja Bawaslu dalam penyelenggaraan pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak.

"Mudah-mudahan nanti formasi ini bisa dioptimalkan, dan harapan saya ini bisa mendorong target kinerja, termasuk dalam menyongsong pilkada serentak di lebih dari 500 daerah yang baru pertama kali terjadi di Indonesia," kata Anas.

Ketua Bawaslu Rahmat Bagja menyampaikan, sasaran Bawaslu dalam rekrutmen CASN 2024 adalah para lulusan baru (fresh graduate).

Bagja mengonfirmasi ada lima besar formasi yang akan direkrut lembaganya, yaitu Analis Hukum, IT, Analis Pengawasan, Analis Peraturan Perundang-undangan dan Kebijakan Publik, serta Auditor.

"Karena akan berkaitan dengan pengawasan, terutama pencegahan dan penindakan saat menangani perkara-perkara yang masuk di Bawaslu," kata Bagja.

(Baca: PUPR Siapkan 26 Ribu Formasi CPNS dan PPPK 2024, Ini Detailnya)

Editor : Adi Ahdiat
Data Populer
Lihat Semua