Pelaku usaha kecil Indonesia yang berjualan secara online meningkat dalam beberapa tahun terakhir.
Hal ini tercatat dalam laporan Mandiri Business Survey 2024 yang dirilis Mandiri Institute.
(Baca: Jumlah Pengguna E-Commerce di Indonesia Meningkat 2020-2024)
Menurut laporan tersebut, dari 523 pelaku usaha kecil yang disurvei, baru ada 32% yang berjualan online pada 2022.
Setelah itu proporsinya terus naik hingga menjadi 60% pada 2024, seperti terlihat pada grafik.
Survei ini menemukan, saluran jualan online yang paling banyak digunakan pelaku usaha kecil pada 2024 adalah aplikasi pesan instan (69%) seperti WhatsApp, Telegram, Line, dan sebagainya.
Ada cukup banyak juga yang menggunakan media sosial (65%) seperti Instagram, Facebook, dan sebagainya.
Sementara hanya sedikit yang berjualan melalui aplikasi e-commerce (26%), situs web pribadi (17%), aplikasi transportasi online 16%), dan aplikasi live commerce (9%).
(Baca: Jumlah Pengunjung Situs E-Commerce Indonesia Oktober 2024)