Produk kecantikan menjadi salah satu alokasi pengeluaran masyarakat Indonesia.
Kajian Katadata Insight Center (KIC) dalam analisis Sales Planning and Synergy Hub Tools (SPLASH) mengungkapkan, terdapat lima kabupaten/kota dengan pengeluaran produk kecantikan tertinggi nasional.
Wilayah ini meliputi Kota Jakarta Barat, Kota Bekasi, Kota Surabaya, Kota Bandung, dan Kabupaten Bekasi.
Kelima kabupaten/kota tersebut diperkirakan memiliki rata-rata pengeluaran belanja produk kecantikan sebesar Rp4,35 triliun pada 2024.
Jakarta Barat menjadi kota dengan pengeluaran terbesar dalam belanja produk kecantikan, yaitu mencapai Rp4,69 triliun pada tahun ini. Capaian ini tumbuh 17,25% dari tahun sebelumnya (year-on-year/yoy) yang sebesar Rp4 triliun.
Kendati demikian, pengeluaran untuk produk kecantikan warga Jakarta Barat diprediksi akan turun sekitar Rp360 miliar atau 8,3% pada 2025.
Penurunan ini juga diproyeksikan akan terjadi di Kota Bekasi, Surabaya, dan Bandung. Sedangkan Kabupaten Bekasi diproyeksikan akan naik tipis, dengan detail terlampir dalam grafik.
(Baca: Jenis Produk Kecantikan Terlaris di E-Commerce Indonesia Semester I 2024)