Menurut perusahaan riset pasar Compas, nilai penjualan produk kecantikan di e-commerce Indonesia pada semester I 2024 mencapai Rp26 triliun.
Jenis produk kecantikan terlaris pada semester I 2024 adalah face care atau perawatan wajah, yang meraih pangsa pasar 36,8% dari total nilai penjualan.
Produk perawatan wajah itu mencakup pelembap wajah (8,4%), serum (7,3%), sunscreen (4,8%), pembersih wajah (4,4%), masker wajah (3%), dan lainnya (8,9%).
Berikutnya ada kategori body care atau perawatan tubuh dengan pangsa pasar 14,6%. Ini terdiri dari losion tubuh (5,7%), sabun mandi (3,1%), deodoran (1,7%), body scrub (0,6%), dan lainnya (3,6%).
Kemudian kategori paket kecantikan meraih pangsa pasar 7,8%, disusul kosmetik 7,7%, parfum dan wewangian 7,6%, serta produk kecantikan lain-lainnya 25,6%.
Compas melakukan riset ini dengan metode online crawling atau penelusuran digital. Mereka mengumpulkan data penjualan produk dari toko official dan non-official di Shopee, Tokopedia, Blibli, Lazada, dan TikTok Shop, dengan rating produk minimal bintang 4.
(Baca: Proporsi Konsumen Belanja Online dari Jakarta sampai Papua)