Kompetisi Video Pendek Kompetisi Video Pendek

10 Negara dengan Paspor Terkuat di Dunia Juni 2024, Ada Indonesia?

1
Nabilah Muhamad 25/07/2024 17:06 WIB
Image Loader
Memuat...
10 Negara dengan Paspor Terkuat di Dunia (Juni 2024)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Lembaga Henley & Partners kembali memperbarui daftar negara dengan paspor terkuat di dunia berdasarkan Indeks Paspor Henley pada Juni 2024.

Pada pertengahan tahun ini, posisi puncak masih dihuni oleh Singapura. Paspor dari Negeri Singa itu dapat mengunjungi 195 negara tanpa harus mengurus visa. 

Lalu peringkat berikutnya diisi oleh Prancis, Jerman, Italia, Jepang, dan Spanyol yang memiliki paspor dengan akses bebas visa di 192 negara. 

Di sisi lain Chairman Henley & Partners, Christian Kaelin, mengatakan bahwa rerata jumlah tujuan negara yang dapat dikunjungi para wisatawan tanpa visa meningkat hampir dua kali lipat, yakni dari 58 negara pada 2006 menjadi 111 negara pada 2024. 

“Namun, kesenjangan mobilitas global antara mereka yang berada di puncak dan dasar indeks kini lebih lebar dari sebelumnya,” kata Kaelin dalam pers rilisnya, Selasa (23/7/2024). 

Lantas, di mana posisi Indonesia?

Indonesia berada di peringkat ke-65 dunia dengan akses paspor bebas visa hanya untuk 76 negara pada Juni 2024.

Dengan adanya akses bebas visa, pemilik paspor tak perlu lagi mengurus dan membayar visa sebelum keberangkatan. Bisa dapat diperoleh saat kedatangan (on arrival) atau cukup menggunakan izin perjalanan (electronic travel authorization/ETA).

Indeks Paspor Henley yang diterbitkan oleh Henley & Partners ini disusun berdasarkan data International Air Transport Association (IATA).

Indeks ini mencakup 199 paspor berbeda dari 227 tujuan perjalanan. Laporan indeks diperbarui secara real time setiap tahunnya saat ada perubahan kebijakan baru visa yang diterbitkan.

(Baca: Suriah hingga Afghanistan, Ini Negara dengan Paspor Terlemah Dunia)

Data Populer
Lihat Semua