Negara dengan Paspor Terkuat di Dunia hingga Juli 2023, Ada Indonesia?

Layanan konsumen & Kesehatan
1
Nabilah Muhamad 20/07/2023 13:10 WIB
10 Negara dengan Paspor Terkuat di Dunia (Kuartal III-2023)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Henley & Partner telah memperbarui daftar negara dengan paspor terkuat di dunia berdasarkan Indeks Paspor Henley pada awal kuartal III 2023.

Kali ini, posisi puncak diduduki oleh Singapura. Paspor dari Negeri Singa ini dapat mengakses 192 negara dari 227 negara tujuan tanpa visa.

Bahkan, Singapura berhasil menggeser Jepang sebagai juara bertahan yang sebelumnya memiliki akses ke negara tujuan terbanyak selama lima tahun terakhir.

Sementara Jepang harus turun ke peringkat ketiga dengan akses bebas visa ke 189 negara. Sejajar dengan posisi Austria, Finlandia, Prancis, Luxembourg, dan Korea Selatan.

Adapun peringkat kedua negara dengan paspor terkuat di dunia diisi oleh Jerman, Italia, dan Spanyol yang memiliki paspor dengan akses bebas visa di 190 negara.

Bagaimana posisi Indonesia?

Indonesia berada di posisi ke-69 dunia dengan paspor yang memiliki akses ke-73 negara bebas visa pada kuartal III 2023.

Dengan adanya akses bebas visa, pemilik paspor tak lagi perlu mengurus dan membayar visa sebelum keberangkatan. Visa bisa diperoleh saat kedatangan (on arrival) atau cukup menggunakan izin perjalanan (electronic travel authirization/ETA).

Adapun Indeks Paspor Henley yang diterbitkan oleh Henley & Partners ini disusun berdasarkan data dari International Air Transport Association (IATA).

Indeks tersebut mencakup 199 paspor berbeda dari 227 tujuan perjalanan. Laporan indeks diperbarui secara real time setiap tahunnya saat ada peribahan kebijakan baru visa yang diterbitkan.

(Baca juga: Data Paspor Disebut Bocor, Ini Rentetan Ulah Bjorka yang Diduga Peretasnya)

Data Populer
Lihat Semua