Polri Minta Tambahan Anggaran Rp60 Triliun pada 2025, Untuk Apa Saja?

Ekonomi & Makro
1
Nabilah Muhamad 12/06/2024 18:52 WIB
Usulan Tambahan Anggaran Polri 2025 (Juni 2024)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Kementerian Keuangan telah menetapkan pagu indikatif Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) sebesar Rp104,67 triliun untuk tahun anggaran 2025.

Namun, Wakapolri Komjen Pol Agus Andrianto mengajukan tambahan anggaran Rp60,64 triliun. Jika disetujui, total anggaran Polri akan menjadi Rp165,31 triliun pada tahun depan.

Menurut Agus, penambahan anggaran ini telah mempertimbangkan rencana pemindahan ke Ibu Kota Negara (IKN), masih berkembangnya kejahatan siber, serta adanya penetapan Polda Papua Barat dan Papua Tengah.

Usulan anggaran tambahan Polri 2025 itu paling banyak dialokasikan untuk belanja modal, yaitu Rp43,97 triliun.

"Ini diprioritaskan untuk pemenuhan almatsus, pembangunan sentra pelayanan kepolisian terpadu (SPKT) di tingkat polres, dan peningkatan layanan ruang pelayanan kepolisian (RPK)," kata Agus dalam rapat kerja bersama Komisi III DPR RI, Selasa (11/6/2024).

Tambahan belanja modal tersebut juga akan digunakan untuk pembangunan mako polres subsektor perbatasan, pembangunan mako polsek, pembangunan satpas dan BPKB, peningkatan sarana dan prasarana rumah sakit, serta pembangunan fasilitas dan konstruksi Polri lainnya. 

Kemudian Polri mengajukan tambahan anggaran belanja barang Rp11,69 triliun. Dana ini akan digunakan untuk belanja barang operasional dan non-operasional, penambahan anggaran barang yang bersumber dari PNBP, dan penambahan anggaran belanja barang sumber BLU.

Lalu ada usul tambahan anggaran belanja pegawai Rp4,98 triliun yang dialokasikan untuk gaji pegawai baru, tunjangan kinerja (tukin), dan kenaikan tukin pada 80% anggota Polri.

(Baca: Anggaran Kementerian PUPR Berkurang Jadi Rp75,63 triliun pada 2025)

Editor : Adi Ahdiat
Data Populer
Lihat Semua