Per Minggu, Penduduk Kab. Jayawijaya Mengeluarkan Rp7.861,76 per Kapita per Minggu untuk Membeli Minyak dan Kelapa

Ekonomi & Makro
1
Agus Dwi Darmawan 17/04/2024 17:31 WIB
Pengeluaran per Kapita di Kab. Jayawijaya untuk Membeli Minyak dan Kelapa Periode 2018-2023
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Pengeluaran masyarakat untuk membeli minyak dan kelapa di kabupaten Jayawijaya pada 2023 sebesar Rp7.861,76 per kapita per minggu. Nilai ini turun dibandingkan dengan pengeluaran tahun sebelumnya yang tercatat Rp8.430,93 per kapita per minggu.

(Baca: Tanpa Roadmap, Indonesia Berpotensi Kekurangan Pasokan Kelapa Sawit)

Pengeluaran per kapita adalah biaya yang dikeluarkan untuk konsumsi semua anggota rumah tangga selama sebulan dibagi dengan banyaknya anggota rumah tangga. Pengelaran ini dapat dikelompokkan pada dua bagian yakni untuk kebutuhan makanan dan bukan makanan.

(Baca: Deretan Negara Tujuan Utama Ekspor Minyak Kelapa Sawit Indonesia 2023)

Pengeluaran untuk konsumsi makanan dihitung selama seminggu, sedangkan untuk bukan makanan dihitung selama sebulan dan 12 bulan yang lalu. Baik konsumsi makanan maupun bukan makanan selanjutnya dikonversikan ke dalam pengeluaran rata-rata sebulan. Angka-angka konsumsi/pengeluaran rata-rata per kapita yang disajikan dalam publikasi BPS diperoleh dari hasil bagi jumlah konsumsi seluruh rumah tangga (baik mengkonsumsi makanan maupun tidak) terhadap jumlah penduduk.

Tiga terbesar pengeluaran penduduk untuk kelompok minyak dan kelapa di kabupaten Jayawijaya dari urutan tertinggi dibelanjakan untuk bunga matahari) Rp7.744,27 per kapita per minggu, kelapa (tidak termasuk santan instan) Rp115.53 per kapita per minggu dan terrendah dibelanjakan untuk minyak kelapa Rp1,96 per kapita per minggu

Berdasarkan wilayah, pengeluaran penduduk untuk membeli minyak dan kelapa tertinggi adalah di kabupaten Intan Jaya dan terendah di kabupaten Muna. Sedangkan untuk kabupaten Jayawijaya ini, nominal pengeluaran untuk membeli minyak dan kelapa berada di urutan delapan. Sementara itu, rata-rata pengeluaran per kapita secara nasional untuk membeli minyak dan kelapa adalah Rp257,5 per kapita per minggu.

Data Populer
Lihat Semua