Continuum INDEF: Penampilan Mahfud MD Dinilai Paling Berkelas dalam Debat Cawapres

Politik
1
Nabilah Muhamad 23/01/2024 14:51 WIB
Topik Perbincangan tentang Mahfud MD di Media Sosial Usai Debat Cawapres (21-22 Januari 2024)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Debat calon wakil presiden (cawapres) bertema pembangunan berkelanjutan, sumber daya alam, lingkungan hidup, energi, pangan, agraria, masyarakat adat dan desa telah digelar pada 21 Januari 2024.  

Berdasarkan data kajian lembaga Continuum Institute for Development of Economics and Finance (INDEF), cawapres nomor urut 3, Mahfud MD, dinilai sebagai kandidat yang tampil paling berkelas dalam debat cawapres oleh publik dengan positivity rate 69,02%.

Continuum INDEF juga mencatat, dari seluruh topik perbincangan terkait Mahfud MD di media sosial, mayoritas atau 44,5% membicarakan "salut dengan penampilan cerdas Pak Mahfud". 

Berikutnya, ada 5,2% warganet yang membicarakan topik terkait pernyataan Mahfud saat debat, yaitu "tak perlu jawab pertanyaan receh". 

Sementara, terdapat satu topik negatif yang dilontarkan publik terhadap Mahfud MD, yaitu terkait "Bagian dari kabinet tapi menanyakan kinerja" dengan 5,1%. 

Kemudian sebanyak 3,2% membicarakan Mahfud terkait kata kunci "penyampaian Pak Mahfud berkelas" dan 2,3% menilai "kesabaran Pak Mahfud patut dipuji". 

"Dengan kapabilitasnya sebagai seorang akademisi dan juga beliau sudah lama menjabat di berbagai bidang pemerintahan, dari segi jawaban dan sebagainya dinilai netizen sebagai sesuatu yang berkelas," kata Peneliti Big Data Continuum INDEF Wahyu Tri Utomo.

Data yang dikumpulkan Continuum INDEF mencakup 108.914 perbincangan terkait debat cawapres di media sosial Twitter, YouTube, dan TikTok pada 21-22 Januari 2024.

Continuum INDEF juga mengklaim perbincangan yang mereka analisis murni pendapat masyarakat, tanpa menyertakan pendapat dari akun media massa dan buzzer.

(Baca juga: Banyak Orang Tak Setuju Capres-Cawapres Saling Serang dalam Debat Pilpres)

Data Populer
Lihat Semua