Berapa Biaya yang Akan Dikeluarkan Warga untuk Beli Popok dalam Sebulan? Ini Surveinya

Produk Konsumen
1
Nabilah Muhamad 03/08/2023 13:45 WIB
Proporsi Kisaran Rencana Anggaran Responden dalam Membeli Popok Per Bulannya (Juli 2023)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Saat memiliki bayi, popok atau diapers jadi kebutuhan pokok yang harus dipenuhi setiap harinya. Apalagi, penggunaan popok sekali pakai harus diganti begitu terisi penuh.

Lantas, berapa perkiraan atau rencana anggaran warga Indonesia untuk membeli popok dalam sebulannya?

Berdasarkan survei yang dilakukan Kurious-Katadata Insight Center (KIC), sebanyak 38% responden menyatakan mereka berencana menggeluarkan anggaran sebanyak Rp100.001-Rp200.000 per bulannya untuk membeli popok.

Selain itu, 23,1% responden menganggarkan pembelian popok antara Rp200.001-Rp300.000 per bulannya.

Kemudian diikuti oleh responden yang memperkirakan anggaran untuk popok sebesar kurang dari Rp100.000, sebanyak 9,9%. Begitu pun untuk penganggaran Rp300.001-Rp400.000, dipilih 9,9%. 

Sementara, perencanaan anggaran yang paling tinggi dikeluarkan untuk beli popok adalah sebesar Rp2 juta per bulannya, yang dipilih hanya 0,8% responden. 

Survei ini dilakukan Kurious-KIC terhadap 599 responden dengan proporsi 54,8% responden laki-laki dan 45,2% responden perempuan.

Namun, survei terkait anggaran untuk membeli popok per bulannya melibatkan 121 responden yang sudah memiliki rencana produk popok saat sudah memiliki anak usia di bawah 5 tahun nantinya. 

Lebih dari separuh responden berasal dari dari Pulau Jawa (64,6%). Diikuti responden dari DKI Jakarta (15,9%), dan Pulau Sumatra (11,2%).

Sementara proporsi responden yang berasal dari Kalimantan, Sulawesi, Bali-Nusa, dan Maluku-Papua berada di rentang 3,3%-0,2%.

Sebagian besar responden berusia antara 35-44 tahun (35,2%), diikuti kelompok usia 25-34 tahun (29,5%), dan kelompok usia 45-54 tahun (21%).

Koleksi data dilakukan pada 18-26 Juli 2023 menggunakan metode computer-assisted web interviewing (CAWI) dengan toleransi kesalahan (margin of error) sekira 4% dan tingkat kepercayaan 95%.

(Baca juga: Ini Faktor Pertimbangan Konsumen dalam Memilih Merek Popok)

Data Populer
Lihat Semua