Negara-negara ASEAN jadi Destinasi Utama Wisatawan Indonesia

Pariwisata
1
Nabilah Muhamad 04/07/2023 13:26 WIB
Proporsi Distribusi Perjalanan Wisatawan Nasional Menurut Kawasan Negara Tujuan (2022)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Berdasarkan laporan Badan Pusat Statistik (BPS) bertajuk Statistik Wisatawan Nasional 2022, destinasi negara tujuan para wisatawan nasional (wisnas) didominasi oleh perjalanan ke negara-negara tetangga di kawasan Association of Southeast Asian Nations (ASEAN).

Perjalanan wisnas dengan tujuan utama negara-negara di ASEAN mencapai 47,51% dari total perjalanan wisnas ke luar negeri pada 2022.

"Tingginya frekuensi perjalanan ke kawasan ASEAN dikarenakan jarak yang relatif dekat sehingga biaya transportasi cenderung lebih murah," tulis BPS dalam laporannya.

Walaupun mendominasi, persentasenya cenderung merosot setiap tahunnya. Seperti pada periode sebelumnya (year-on-year/yoy) yang mencapai 50,27% pada 2021.

Adapun Malaysia dan Singapura menjadi negara tujuan utama perjalanan wisnas terbesar di ASEAN, yaitu masing-masing sebesar 18,56% dan 18,05%.

BPS menambahkan, tingginya intensitas wisnas melakukan perjalanan ke Malaysia dan Singapura dipengaruhi oleh jarak yang dekat dan ketersediaan sarana transportasi yang memadai.

Lalu negara-negara di kawasan Timur Tengah menyusul di urutan kedua sebagai destinasi tujuan utama perjalanan wisnas dengan persentase sebesar 27,24%.

Adapun negara-negara kawasan Asia selain ASEAN dan kawasan Eropa di peringkat berikutnya dengan proporsi masing-masing sebesar 10,93% dan 8,94%. Sementara negara lainnya dihimpun sebanyak 5,38%.

 

(Baca juga: Ini Daerah Sasaran Utama yang Dikunjungi Wisatawan Mancanegara Ketika ke Indonesia)

Data Populer
Lihat Semua