Ini Daerah Sasaran Utama yang Dikunjungi Wisatawan Mancanegara Ketika ke Indonesia

Pariwisata
1
Erlina F. Santika 31/05/2023 15:13 WIB
Proporsi Kedatangan Wisatawan Mancanegara Menurut Provinsi Tujuan Utama di Indonesia (2022)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Indonesia punya banyak pilihan destinasi wisata atau daerah yang bisa dikunjungi oleh wisatawan mancanegara alias turis asing. Dari banyak daerah, ternyata Bali tetap menjadi destinasi utama para wisatawan ketika berkunjung ke Indonesia.

Data yang dihimpun Badan Pusat Statistik (BPS) melalui Passenger Exit Survey 2022 menunjukkan, proporsi tujuan Bali mencapai 46,72% dari seluruh kunjungan wisatawan mancanegara.

"Dari wisatawan tersebut, mayoritas berbangsa Eropa dan Oseania, berturut-turut sebesar 32,01% dan 24,40% dari seluruh wisatawan yang berkunjung ke Bali," tulis BPS dalam laporannya yang bertajuk Statistik Pengeluaran Wisatawan Mancanegara 2022.

(Baca juga: Jumlah Turis Asing ke Bali Naik Jadi 370 Ribu Kunjungan pada Maret 2023, Terbanyak dari Australia)

Angka itu paling tinggi jika dibandingkan dengan destinasi lainnya. Dengan jarak yang cukup jauh, DKI Jakarta menyusul di posisi kedua, sebesar 13,03%.

BPS menyebut, tingginya kunjungan ke DKI Jakarta karena provinsi ini merupakan pusat pemerintahan sekaligus pusat bisnis yang memberikan daya tarik tersendiri bagi wisatawan mancanegara.

Provinsi sebagai tujuan kunjungan tertinggi ketiga adalah Kepulauan Riau dengan persentase sebesar 11,81%. Di luar Kepulauan Riau, proporsinya di bawah 4%, seperti terlihat pada grafik.

BPS menyebut bahwa total kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia tembus 809 ribu kunjungan pada Maret 2023. Secara profil pekerjaan, turis asing itu didominasi kelompok profesional, manajer, dan karyawan, serta pelajar.

Adapun tujuan kunjungannya untuk berlibur, bisnis, dan hal personal lainnya.

(Baca juga: Kunjungan Turis Asing ke RI Cetak Rekor Tertinggi Semenjak Pandemi pada Maret 2023)

Data Populer
Lihat Semua