Jadi Objek Wisata Andalan DKI Jakarta, Bagaimana Tren Kunjungan Ancol dalam Satu Dekade Terakhir?

Pariwisata
1
Cindy Mutia Annur 24/04/2023 08:00 WIB
Jumlah Kunjungan Wisatawan ke Taman Impian Jaya Ancol (2012-2022)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Taman Impian Jaya Ancol alias Ancol merupakan objek wisata andalan DKI Jakarta, menurut Badan Pusat Statistik (BPS). Objek wisata ini kerap dikunjungi pada momen liburan, termasuk Lebaran Idul Fitri.

Tercatat, jumlah kunjungan wisatawan ke Ancol mencapai 13,01 juta kunjungan pada 2022. Jumlah itu meningkat 301,54% dibandingkan tahun sebelumnya (year-on-year/yoy).

Jika dibandingkan awal pandemi, jumlah kunjungan wisatawan ke Ancol pada 2023 juga meningkat drastis. Pada 2020, jumlah kunjungan wisatawan ke objek wisata tersebut hanya 2,35 juta kunjungan.

Secara tren, jumlah kunjungan wisatawan ke Ancol cenderung meningkat dalam satu dekade terakhir. Kunjungan terbanyak yaitu pada 2019 sebanyak 19,26 juta kunjungan wisatawan, sedangkan paling sedikit pada 2020.

Terdapat sejumlah wahana rekreasi Ancol yang populer di kalangan masyarakat. Di antaranya Dunia Fantasi (Dufan), Sea World, Atlantis Water Adventure, hingga Ocean Dream Samudra.

Adapun kawasan Ancol dimiliki oleh PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk (PJAA), perusahaan patungan yang didirikan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan Ciputra Group melalui PT Pembangunan Jaya.

Berdasarkan laman Ancol.com, mayoritas atau  72% kepemilikan saham PJAA dikuasai oleh Pemda DKI Jakarta. Lalu, 18% sahamnya dimiliki oleh PT Pembangunan Jaya, dan 10% oleh masyarakat.

 (Baca: Pengunjung Museum di Jakarta Turun Drastis Selama Pandemi)

Data Populer
Lihat Semua