Litbang Kompas: Ridwan Kamil jadi Idola Pemilih Perempuan sebagai Bakal Cawapres 2024

Politik
1
Nabilah Muhamad 03/07/2023 16:05 WIB
Elektabilitas Calon Wakil Presiden Pilihan Responden Pemilih Perempuan dalam Simulasi Pemilu 2024 (Mei 2023)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Litbang Kompas melakukan survei terkait elektabilitas bakal calon presiden (cawapres) terhadap kelompok pemilih perempuan.

Hasilnya, sebanyak 12,2% dari total responden pemilih perempuan memilih Ridwan Kamil sebagai cawapres pilihannya.

"Hasil survei menunjukan, Ridwan Kamil, Gubernur Jawa Barat, paling diidolakan perempuan untuk menjadi bakal cawapres," tulis tim Litbang Kompas dalam laporannya.

Dari total pemilih itu, sebanyak 34,7% responden menilai Ridwan Kamil dianggap paling layak menjadi cawapres oleh kelompok pemilih perempuan karena pengalaman dan prestasinya sebagai pemimpin.

"Keberhasilan dan prestasi Kang Emil saat memimpin Kota Bandung hingga terpilih sebagai salah satu wali kota terbaik di Indonesia menjadi catatan yang diingat oleh pemilih perempuan," jelas tim Litbang Kompas.

Tak hanya itu, sebanyak 27,8% pemilih perempuan juga menyatakan jika Ridwan Kamil memiliki pribadi yang sederhana dan merakyat.

Sementara itu, Sandiaga Uno berada di urutan kedua sebagai bakal cawapres yang dipilih 10,3% dari responden kelompok pemilih perempuan.

Kemudian Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan Erick Thohir menyusul dengan persentase masing-masing sebesar 4,8% dan 4,3% sebagai bakal cawapres yang dipilih kelompok ini.

Adapun survei ini melibatkan 1.200 responden yang dipilih secara acak menggunakan metode pencuplikan sistematis bertingkat di 38 provinsi di Indonesia.

Data tersebut dikoleksi pada 29 April-10 Mei 2023 melalui wawancara tatap muka, dengan margin of error sekitar 2,83% dan tingkat kepercayaan sebesar 95%.

(Baca juga: Persaingan Sengit Sandiaga Uno dan Erick Thohir di Bursa Cawapres Survei Algoritma)

Data Populer
Lihat Semua