Negara-negara dengan Daya Saing Digital Tertinggi, Denmark Peroleh Skor Sempurna

Teknologi & Telekomunikasi
1
Erlina F. Santika 29/06/2023 11:00 WIB
Skor Indeks Daya Saing Digital Berdasarkan 10 Negara Teratas Versi IMD (2022)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Institute for Management Development (IMD) kembali memberi penilaian daya saing digital terhadap 63 negara di dunia pada 2022.

Skala penilaiannya adalah 0-100 poin. Negara diurutkan dari yang paling kompetitif hingga yang sangat tidak kompetitif.

Denmark menduduki peringkat pertama dengan perolehan sempurna, yakni 100 poin. IMD menyebut ini pemeringkatan pertama untuk Denmark sejak dimulai enam tahun lalu.

IMD menambahkan, kesiapan masa depan digital di Denmark begitu mantap. Perpaduan perkembangan bisnis dan integrasi teknologinya membuat negara ini diyakini bisa membuat ekosistem bisnis atau ekonomi makronya semakin baik. Ini juga menjadi pertimbangan tim riset memberi nilai yang besar.

"Denmark tetap menjadi salah satu negara terkemuka dunia dalam bakat digital dan pelatihan, serta pendidikan," tulis IMD dalam laporannya.

Posisi kedua diisi oleh Amerika Serikat yang diberi skor 99,81 poin. Ketiga, Swedia, yang diberi skor 99,81 poin.

Keempat, Singapura, sebesar 99,48 poin. Kelima, Swiss, dengan skor 98,23 poin. Sisanya, terlampir pada grafik.

IMD mengatakan, pemeringkatan ini menggambarkan pentingnya peran negara dalam menjelaskan transformasi digital perusahaan, baik dari swasta maupun pemerintah, dan adopsi praktik digital oleh masyarakat.

"Negara digital dihasilkan dari kombinasi bakat digital, regulasi digital, tata kelola data, sikap digital, dan ketersediaan modal,” tulis IMD dalam laporannya.

Survei dilakukan terhadap 63 negara. Metodologi pemeringkatan dinilai dari tiga sektor utama, di antaranya pengetahuan, teknologi, dan kesiapan masa depan. Sektor itu dibagi lagi sehingga menjadi 54 kriteria atau indikator.

(Baca juga: Deretan 10 Negara dengan Daya Saing Tertinggi di Dunia 2023, Ada Indonesia?)

Data Populer
Lihat Semua