Ini Merek Susu Kental Manis Terlaris Saat Ramadan, yang Mana Favoritmu?

Produk Konsumen
1
Cindy Mutia Annur 13/04/2023 18:21 WIB
Merek Susu Kental Manis yang Dikonsumsi Responden Saat Ramadan (Maret 2023)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Susu kental manis merupakan salah satu produk yang banyak dikonsumsi masyarakat Indonesia pada bulan Ramadan. Hal ini senada dengan hasil survei Kurious-Katadata Insight Center (KIC) yang menunjukkan, konsumsi susu kental manis di Indonesia cenderung meningkat saat bulan puasa.

Pada bulan Ramadan, mayoritas atau 55,2% responden mengonsumsi susu kental manis lebih banyak dibandingkan pada bulan-bulan lainnya.

Kurious-KIC juga menemukan, merek susu kental manis yang paling banyak dikonsumsi responden saat Ramadan yaitu Frisian Flag. Persentasenya mencapai 77%.

Selanjutnya, Indomilk menempati urutan kedua merek susu kental manis yang banyak dikonsumsi responden saat Ramadan, yaitu sebanyak 50,9%.

Sisanya, merek susu kental manis lain seperti Cap Enaak, Nestle Carnation, Frisian Flag Omela, hingga Crème Castle konsumennya lebih sedikit seperti terlihat pada grafik di atas.

Adapun mayoritas responden yang mengonsumi susu kental manis saat bulan Ramadan yaitu pada saat berbuka puasa (50,1%), diikuti saat sahur (27,2%), dan saat malam hari (22,7%).

Susu kental manis umumnya dikonsumsi menjadi ragam hidangan untuk berbuka puasa, seperti es buah, aneka jus, dan lainnya.

Survei ini dilakukan terhadap 731 responden yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia, dengan proporsi responden laki-laki 58% dan perempuan 42%.

Lebih dari separuh responden berada di Pulau Jawa selain Jakarta (63,9%), kemudian di Jakarta (13,7%), dan Sumatra (10,9%). Proporsi responden yang berasal dari Sulawesi, Bali-Nusa Tenggara, Kalimantan, dan Maluku-Papua di rentang 0,4%-4,5%.

Sebagian besar responden berusia antara 35-44 tahun (33,5%), diikuti kelompok 25-34 tahun (31,1%) dan kelompok 45-54 tahun (19%).

Survei dilakukan pada 31 Maret-8 April 2023 menggunakan metode computer-assisted web interviewing (CAWI), dengan toleransi kesalahan (margin of error) sekitar 3,62% dan tingkat kepercayaan 95%.

(Baca: Survei Kurious: Belanja Kue Kaleng Premium Meningkat saat Ramadan)

Data Populer
Lihat Semua