5 Menteri Jokowi Terbaik Versi Warganet, Siapa Teratas?

Politik
1
Cindy Mutia Annur 13/01/2023 18:20 WIB
5 Menteri Jokowi Terbaik Versi Warganet (Desember 2022)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Menteri BUMN Erick Thohir dinobatkan sebagai menteri terbaik versi warganet, berdasarkan analisis percakapan dan pemberitaan media sosial yang dilakukan MediaWave selama 1-31 Desember 2022.

MediaWave mengolah data media sosial tersebut dengan formulasi khusus yang disebut Earned Media Share of Sentiment (EMSS)Mereka menghitung kuantitas percakapan terkait para menteri, serta menganalisis sentimen percakapan dengan parameter positif, negatif, dan netral.

Semakin besar persentase EMSS, artinya semakin besar pula sentimen positif tentang menteri tersebut.

Dengan metode ini Erick Thohir meraih sentimen positif tertinggi di antara menteri Kabinet Indonesia Maju. Persentase EMMS-nya mencapai 23,11% dan 220.518 percakapan.

Di peringkat kedua ada Menteri Sosial Tri Rismaharini dengan EMSS 2,67% dan 8.750 percakapan. Diikuti Menteri Agraria dan Tata Ruang Hadi Tjahjanto dengan EMSS 1,82% dan 4.423 percakapan.

Kemudian Menteri Kesehatan Budi Gunadi meraih EMSS 1,39% dan 6.284 percakapan, dan di posisi terakhir ada Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dengan EMSS 1,34% dan 76.585 percakapan.

Menurut General Manager Analyst Mediawave Nadia Shabilla, isu teratas mengenai Erick yang paling banyak dibicarakan warganet adalah konsep Festival Budaya yang ia rancang dalam pernikahan Kaesang.

Erick juga mendapat banyak perhatian berkat pernyataannya terkait PSSI yang harus dibongkar total demi memperbaiki ekosistem sepak bola Indonesia, serta kehadiran Erick sebagai komentator Piala Dunia 2022 di program televisi swasta.

(Baca: Poltracking: Elektabilitas Erick Thohir Ungguli Ridwan Kamil dan Sandiaga Uno Sebagai Cawapres)

Editor : Adi Ahdiat
Data Populer
Lihat Semua