Ganjar, Anies, dan Prabowo, Siapa Punya Loyalis Terbanyak?

Politik
1
Viva Budy Kusnandar 21/11/2022 18:20 WIB
Persentase Pemilih Loyal Kandidat Capres 2024 dengan Elektabilitas Terbesar (Oktober 2022)
katadata logo databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Menurut survei Litbang Kompas, kandidat calon presiden (capres) Ganjar Pranowo memiliki pemilih loyal (loyal voter) lebih banyak ketimbang Anies Baswedan dan Prabowo Subianto.

Proporsi pemilih loyal Ganjar Pranowo mencapai 90%, sedangkan Anies Baswedan 84,3% dan Prabowo Subianto 80,6%.

Peneliti Litbang Kompas Eren Masyukrillah mengatakan, loyalitas pemilih dalam survei ini dilihat berdasarkan konsistensi pilihan responden terhadap sosok kandidat capres secara bertingkat, mulai dari simulasi pilihan 25 nama kandidat hingga mengerucut ke 3 nama kandidat.

"Tingkat loyalitas pemilih pada ketiga capres pilihan publik di posisi teratas tersebut memang dapat dikatakan terpaut sangat jauh dibandingkan dengan capres lainnya," ujar Eren, seperti dilansir Kompas.com, Jumat (18/11/2022).

Berbeda jauh dengan tiga nama yang disebutkan di atas, kandidat capres potensial di papan tengah, seperti Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Sandiaga Uno hanya memiliki pemilih loyal di kisaran 6-11%.

Pemilih loyal merupakan modal penting bagi kandidat yang hendak maju ke gelanggang pemilihan presiden 2024. Dukungan loyalis ini lebih bisa diandalkan ketimbang pemilih mengambang (swing voter) yang bisa berganti pilihan kapan saja.

(Baca: Simak Perbandingan Elektabilitas Ganjar, Prabowo, dan Anies dalam 3 Survei Terbaru)

 

Editor : Adi Ahdiat
Data Populer
Lihat Semua
instagram
Databoks Indonesia (@databoks.id)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari Katadata Indonesia.
twitter
Databoks Indonesia (@databoksid)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari @katadatacoid.