Survei LSP: Elektabilitas Prabowo Tertinggi, Kalahkan Ganjar, Anies, dan Ridwan Kamil

Media
1
Annissa Mutia 17/10/2022 17:10 WIB
Tingkat Elektabilitas 10 Nama Bakal Capres (Per 15 Oktober 2022)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Elektabilitas Menteri Pertahanan Prabowo Subianto berada di urutan teratas menggungguli elektabilitas bakal calon presiden lainnya seperti Ganjar Pranowo, Anies Baswedan, hingga Ridwan Kamil. Penilaian itu menurut hasil survei Lingkaran Suara Publik (LSP).

“Survei ini menegaskan elektabilitas Prabowo masih berada di posisi teratas dengan perolehan 31,8%. Disusul oleh Ganjar 20,4%, Anies 11,7%, dan capres lainnya,” kata Indra dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Sabtu (15/10) seperti dilansir Katadata.co.id.

Ketika mengukur tingkat elektabilitas itu, pihaknya melakukan tiga simulasi. Pertanyaan elektabilitas dibuat dengan tidak memasukkan beberapa tokoh, seperti Sandiaga Uno, Ganjar Pranowo, dan Anies Baswedan ke dalam format pertanyaan tertutup. Hasilnya masih menempatkan Prabowo sebagai pemuncak elektabilitas.

Sementara pada pertanyaan simulasi yang tidak menyertakan Sandi, meskipun tidak signifikan terjadi pergeseran pemilih. Elektabilitas Prabowo bertambah 0,5%, Ganjar bertambah 0,3%, dan Anies bertambah 0,1% jika dibandingkan dengan perolehan elektabilitas pertanyaan sebelumnya.

Pertanyaan yang tidak memasukkan Ganjar pergeseran pemilih kembali terjadi dan kemungkinan besar pergeseran dipengaruhi oleh pemilih Ganjar. Elektabilitas Prabowo juga meningkat 3,9%, sementara Ridwan Kamil naik ke posisi kedua bertambah 1,1%.

Tingkat elektabilitas 10 nama bakal capres yang masuk dalam radar LSP, antara lain:

  1. Prabowo Subianto 31,8%;
  2. 2. Ganjar Pranowo 20,4%;
  3. Anies Rasyid Baswedan 11,7%;
  4. Ridwan Kamil 10,5%;
  5. Agus Harimuti Yudhoyono 7,2%;
  6. Puan Maharani 2,9%;
  7. Sandiaga Uno 2,1%;
  8. Erick Thohir 2,1%;
  9. Khofifah Indar Parawansa 1,9%;
  10. Muhaimin Iskandar 1,6%; 

(baca: Simak Perbandingan Elektabilitas Ganjar, Prabowo, dan Anies dalam 3 Survei Terbaru)

Editor : Annissa Mutia
Data Populer
Lihat Semua