Jokowi Minta Cukai Naik 15% Tiap Tahun, Cek Nilai Pasar Rokok Elektrik Global

Manufacturer
1
Annissa Mutia 04/11/2022 17:10 WIB
Perkiraan Nilai Pasar Rokok Elektrik Secara Global 2021-2026
katadata logo databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Presiden Joko Widodo akan menaikkan cukai produk industri hasil pengolahan hasil tembakau lainnya (HPTL) dan rokok elektronik pada 2023. Secara rinci, Kepala Negara menginstruksikan cukai rokok elektronik rata-rata 15% dan HPTL sebesar 6%.

"Untuk rokok elektrik,setiap tahun naik 15% selama 5 tahun ke depan," kata Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati di Istana Bogor dalam saluran resmi Sekretariat Presiden, Kamis (3/11) seperti dikutip dari Katadata.co.id.

Melansir Global News Wire, pasar rokok elektrik global diperkirakan akan tumbuh dari $18,15 miliar pada tahun 2021 menjadi $21,63 miliar pada tahun 2022 dengan tingkat pertumbuhan tahunan gabungan (CAGR) sebesar 19,2%. Pasar diperkirakan akan mencapai $38,53 miliar pada tahun 2026 dengan CAGR 15,5%.

Pemain utama di pasar rokok elektrik adalah Philip Morris International, MCIG Inc, Altria Group Inc, British American Tobacco plc, Japan Tobacco Inc, Imperial Tobacco Group, Njoy Inc, International Vapor Group, Reynolds American Inc, dan VMR Product.

Pertumbuhan terutama disebabkan oleh perusahaan-perusahaan yang melanjutkan operasinya dan beradaptasi dengan normal baru sambil pulih dari dampak Covid-19, yang sebelumnya menyebabkan langkah-langkah pembatasan yang melibatkan jarak sosial, kerja jarak jauh, dan penutupan kegiatan komersial yang mengakibatkan operasional. tantangan.

Pasar rokok elektrik terdiri dari penjualan rokok elektrik. Rokok elektrik adalah perangkat elektronik genggam yang dioperasikan dengan baterai yang berisi larutan nikotin, gliserin, dan perasa yang berubah menjadi kabut yang dapat dihirup oleh pengguna. Ini tersedia dalam berbagai rasa seperti mint, mentol, dan cokelat.

Jenis produk utama rokok elektrik adalah Disposable, Rechargeable, Modular. Produk sekali pakai dimaksudkan untuk dibuang setelah digunakan. Komposisi yang digunakan adalah tembakau, perasa, bebas nikotin. Saluran distribusinya meliputi toko spesialis rokok elektrik, online, supermarket, toko tembakau, dan lain-lain.

Meningkatnya kesadaran akan masalah kesehatan yang disebabkan oleh merokok tembakau konvensional di antara populasi perokok mendorong pertumbuhan pasar rokok elektrik. Rokok tembakau konvensional melepaskan senyawa beracun yang berdampak buruk bagi kesehatan individu. Rokok elektrik kurang beracun dan lebih aman dibandingkan dengan rokok tembakau konvensional.

Misalnya, perusahaan British American Tobacco merilis Vype iSwitch dan Vype iSwitch Maxx berdasarkan teknologi pisau Puretech, yang melibatkan penggunaan pisau baja tahan karat ultra-ramping untuk memanaskan cairan elektronik dan menghasilkan uap. Produk uap tidak membakar tembakau, uap mengandung kadar racun yang jauh lebih rendah dalam asap yang dihasilkan saat membakar tembakau. Oleh karena itu, rokok elektrik memiliki sifat risiko yang lebih rendah dibandingkan dengan rokok tradisional.

(baca: 10 Negara Pengimpor Tembakau Terbesar di RI pada 2021, Tiongkok Teratas!)

Editor : Annissa Mutia
Data Populer
Lihat Semua
instagram
Databoks Indonesia (@databoks.id)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari Katadata Indonesia.
twitter
Databoks Indonesia (@databoksid)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari @katadatacoid.