Ini Strategi Para CEO untuk Hadapi Resesi Ekonomi

Ekonomi & Makro
1
Adi Ahdiat 07/10/2022 13:50 WIB
Strategi CEO untuk Mendorong Pertumbuhan Ekonomi Tiga Tahun ke Depan (Agustus 2022)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Sebagian besar pebisnis meyakini resesi bakal terjadi dalam waktu dekat. Namun, ada cukup banyak pimpinan perusahaan yang sudah menyiapkan strategi untuk menghadapinya.

Hal ini tercermin dalam laporan KPMG 2022 CEO Outlook yang dirilis organisasi akuntansi internasional KPMG pada Oktober 2022.

"Hampir 9 dari 10 CEO percaya bahwa resesi akan terjadi dalam 12 bulan ke depan. Tapi, 3 dari 5 CEO merasa dampak resesi akan ringan dan mayoritasnya memiliki rencana untuk menghadapi kondisi tersebut," jelas KPMG dalam laporannya.

KPMG melakukan survei terhadap 1.325 orang Chief Executive Officer (CEO) atau pejabat eksekutif tertinggi perusahaan swasta yang tersebar di 11 negara, yakni Amerika Serikat, Australia, Kanada, Tiongkok, Prancis, Jerman, India, Italia, Inggris, Jepang, dan Spanyol.

Survei ini dilakukan selama periode Juli-Agustus 2022 terhadap CEO dari perusahaan lintas sektor, mencakup manajemen aset, otomotif, ritel, energi, infrastuktur, asuransi, manufaktur, sampai teknologi dan telekomunikasi.

"Semua responden memiliki pendapatan lebih dari US$500 juta per tahun, dan sepertiga dari perusahaan yang disurvei memiliki pendapatan lebih dari US$10 miliar per tahun," jelas KPMG.

Dari survei ini, KPMG menemukan sebanyak 26% responden berupaya menghadapi resesi lewat kemitraan strategis dengan pihak ketiga.

Kemudian ada yang berupaya mendorong pertumbuhan bisnisnya lewat inovasi dan penambahan modal, merger dan akuisisi, joint venture, serta outsourcing dengan rincian seperti terlihat pada grafik.

Ada pula yang berupaya menghadapi resesi dengan manajemen risiko geopolitik, salah satunya dengan membangun jaringan pasokan baru (supply chain).

"Dengan kondisi geopolitik yang menjadi isu utama pada tahun 2022, CEO harus memiliki pengetahuan untuk memetakan risikonya. Risiko geopolitik penting untuk menjadi salah satu pertimbangan dalam strategi bisnis mereka," jelas KPMG.

"Kombinasi ketidakpastian dan fluktuasi harga juga memaksa sebagian kalangan eksekutif mengubah prioritas dan memutar model bisnis mereka secara signifikan," tambahnya.

Terlepas dari soal strategi, KPMG juga menemukan para CEO global secara umum masih memiliki optimisme tinggi.

"Meski ada tantangan ekonomi dan geopolitik, optimisme akan ekonomi global tiga tahun ke depan meningkat," pungkas KPMG.

(Baca: Banyak CEO Optimistis akan Pertumbuhan Ekonomi sampai 2025)

Editor : Adi Ahdiat
Data Populer
Lihat Semua