Siap-siap! Pemerintah Buka 530 Ribu Lowongan ASN PPPK, Ini Rinciannya

Ketenagakerjaan
1
Cindy Mutia Annur 15/09/2022 10:40 WIB
Formasi Rekrutmen Calon ASN PPPK Kementerian PANRB (2022)
katadata logo databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) merilis formasi rekrutmen calon aparatur sipil negara (CASN) berstatus Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) 2022.

MenPAN-RB Abdullah Azwar Anas mengatakan, pemerintah tahun ini akan membuka 530.028 lowongan CASN PPPK 2022. Jumlah itu merupakan keseluruhan dari kebutuhan instansi pusat sebanyak 90.690 lowongan dan 439.338 lowongan untuk instansi daerah.

Rinciannya, kebutuhan PPPK guru sebanyak 319.716 lowongan, PPPK tenaga kesehatan 92.014 lowongan, dan tenaga teknis 27.608 lowongan.

"Arah kebijakan pengadaan ASN tahun 2022 kita fokus pada pelayanan dasar yaitu guru dan tenaga kesehatan. Fokus lainnya adalah keberpihakan kepada eks tenaga honorer kategori II (THK-II)," ujar Azwar dikutip dari situs resmi KemenPAN-RB, Selasa (13/9).

Politikus PDIP itu menilai adanya ketimpangan jumlah ASN yakni mayoritas masih menumpuk di kota-kota besar. Padahal, menurut Azwar, proses rekrutmen, penyebaran, dan kebutuhan setiap tahun telah dibuka secara transparan.

Azwar mengingatkan arahan Presiden Jokowi bahwa pihaknya akan melakukan pemerataan ASN di tingkat pusat dan daerah, terutama di luar pulau Jawa. "Jadi masalahnya tidak hanya kekurangan tetapi juga penyebaran. Padahal Pak Presiden sangat memperhatikan luar Pulau Jawa," ujar dia.

Meski demikian, Azwar tak menyebutkan kapan proses seleksi PPPK tersebut akan dimulai. Namun dalam kesempatan sebelumnya, ia sempat menyebut bahwa seleksi PPPK tenaga kesehatan akan digelar akhir September 2022 ini.

(Baca: Jumlah PNS di Indonesia Makin Sedikit hingga Juni 2022)

Editor : Annissa Mutia
Data Populer
Lihat Semua
instagram
Databoks Indonesia (@databoks.id)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari Katadata Indonesia.
twitter
Databoks Indonesia (@databoksid)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari @katadatacoid.