Banyak Warga RI Belum Pernah Gunakan E-Mail

Teknologi & Telekomunikasi
1
Adi Ahdiat 13/09/2022 13:40 WIB
Intensitas Penggunaan Internet untuk Mengirim E-Mail (2021)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

E-mail atau surat elektronik (surel) adalah salah satu sarana komunikasi melalui jaringan internet. Pesan yang dikirim lewat e-mail dapat berupa teks maupun dokumen digital lain seperti gambar dan video.

Penggunaan e-mail dapat memudahkan urusan pekerjaan ataupun pendidikan. Namun, tampaknya masih banyak masyarakat Indonesia yang belum akrab dengan teknologi ini.

Menurut laporan Survei Indeks Literasi Digital Indonesia yang dirilis Kementerian Komunikasi dan Informatika bersama Katadata Insight Center (KIC), responden yang sangat sering menggunakan e-mail hanya 1,8% dan yang sering 10,9%.

Kemudian sebanyak 29,67% responden jarang menggunakan e-mail, 14,89% sangat jarang, dan 42,8% bahkan tidak pernah menggunakannya sama sekali.

Kendati demikian, masyarakat Indonesia tampaknya sudah cukup terbiasa melakukan komunikasi online melalui aplikasi media sosial.

Proporsi responden yang biasa menggunakan internet untuk komunikasi lewat aplikasi pesan singkat ada sebanyak 91,2%. Dan pengguna media sosial proporsinya mencapai 67,6%.

Responden yang terlibat dalam survei ini berjumlah 10.000 orang yang tersebar di 34 provinsi Indonesia. Kriteria responden merupakan anggota rumah tangga berusia 13-70 tahun serta pernah mengakses internet dalam 3 bulan terakhir.

(Baca: 41% Warga SES A Memiliki Literasi Digital Rendah)

Editor : Adi Ahdiat
Data Populer
Lihat Semua