Pemeluk Agama Katolik Provinsi ini Tertinggi di Wilayah Nusa Tenggara dan Bali

Demografi
1
Viva Budy Kusnandar 09/09/2022 15:30 WIB
Jumlah Penduduk yang Beragama Katolik di Nusa Tenggara dan Bali (Jun 2022)
katadata logo databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Lebih dari separuh penduduk di Nusa Tenggara Timur (NTT) memeluk agama Katolik. Dengan demikian, mayoritas penduduk di provinsi ini merupakan umat Katolik.

Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri mencatat, jumlah penduduk NTT yang beragama Katolik ada 2,95 juta jiwa pada Juni 2022. Jumlah tersebut porsinya mencapai 53,55% dari total penduduk yang mencapai 5,51 juta jiwa. Jumlah juga merupakan yang terbanyak di wilayah Nusa Tenggara (Nusra) dan Bali.

Adapun provinsi dengan pemeluk agama Katolik terbesar di wilayah Nusra dan Bali berikutnya adalah Bali, yakni sebanyak 35,22 ribu jiwa. Jumlah tersebut porsinya hanya mencapai 0,82% dari total penduduk di Pulau Dewata yang sebanyak 4,29 juta jiwa.

Setelahnya ada Nusa Tenggara Barat (NTB) dengan jumlah umat Katolik 10,07 ribu jiwa. Jumlah tersebut porsinya mencapai 0,18% dari total penduduk NTB yang mencapai 5,47 juta jiwa.

Total, jumlah umat Katolik di Nusra dan Bali sebanyak 2,99 juta jiwa hingga Juni 2022. Dengan demikian, porsi penduduk yang memeluk agama Katolik di wilayah ini sebesar 19,63% dari total penduduk yang mencapai 15,27 juta jiwa.

(Baca: Pemeluk Agama Katolik di Provinsi Ini Terbanyak di Pulau Jawa pada Juni 2022)

Editor : Annissa Mutia
Data Populer
Lihat Semua
instagram
Databoks Indonesia (@databoks.id)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari Katadata Indonesia.
twitter
Databoks Indonesia (@databoksid)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari @katadatacoid.