Rata-rata Harga Telur Ayam Nasional Capai Rp30 Ribu dalam Sepekan, Ini Penyebabnya

Agroindustri
1
Cindy Mutia Annur 25/08/2022 15:10 WIB
Tren Harga Telur Ayam Nasional (15-25 Agustus 2022)
katadata logo databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Laporan Pusat Informasi Harga Pangan Strategis Nasional menunjukkan, rata-rata harga telur ayam nasional mencapai di atas Rp30.000 per kilogram.

Per 25 Agustus 2022, misalnya, harga telur ayam nasional mencapai Rp30.300 per kilogram. Harga ini merupakan yang tertinggi dalam sepekan terakhir.

Papua tercatat memiliki harga telur ayam tertinggi pada 25 Agustus 2022 yakni mencapai Rp39.650 per kilogram. Diikuti oleh Maluku dan Gorontalo dengan harga telur ayam masing-masing Rp39.600 per kilogram dan Rp36.850 per kilogram.

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan mengatakan, ada dua penyebab kenaikan harga telur ayam di sejumlah daerah dalam beberapa waktu terakhir, bahkan mencapai Rp30.000 per kilogram.

Pertama, banyak pengusaha yang sempat melakukan afkir dini atau upaya mengurangi produksi iayam petelur lebih cepat sehingga jumlahnya di pasaran berkurang dan harga bisa naik.

Kedua, Kementerian Sosial merapel program bantuan sosial mereka dalam tiga bulan sekaligus. Alhasil, telur menjadi komoditas yang banyak dibeli, sehingga jumlahnya di pasaran pun berkurang.

"Jadi satu (penyebabnya) ada afkir dini, dan Kemensos yang bantuan tiga bulan dirapel, telur banyaknya (isi bansos), jadi (harga) naik," ujar pria yang akrab dipanggil Zulhas ini dikutip dari Tempo.co, Rabu (24/8/2022).

Maka dari itu, Kementerian Perdagangan bakal memanggil pelaku usaha sektor petelur skala besar atau integrator yang bisa mempengaruhi harga di pasaran. "Agar mereka tidak afkir dini lagi, agar harga normal," ujar Zulhas.

Dengan upaya ini, Zulhas optimistis harga telur akan bergerak turun dalam tiga minggu hingga satu bulan mendatang. "Tapi dengan harga yang wajar, konsumen beli tidak berat, peternak tidak rugi," ujar dia.

(Baca: Harga Telur Ayam di Maluku Utara Rp 45.900 per Kg (Rabu, 13 Juli 2022))

Editor : Annissa Mutia
Data Populer
Lihat Semua
instagram
Databoks Indonesia (@databoks.id)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari Katadata Indonesia.
twitter
Databoks Indonesia (@databoksid)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari @katadatacoid.