Layanan Keuangan Digital Masih Kalah Populer dari Layanan Konvensional

Keuangan
1
Vika Azkiya Dihni 22/08/2022 17:14 WIB
Layanan Keuangan yang Digunakan Responden (2021)
katadata logo databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Menurut laporan Status Literasi Digital di Indonesia 2021 yang dirilis Kementerian Komunikasi dan Informatika bersama Katadata Insight Center (KIC), layanan keuangan digital masih kalah populer ketimbang layanan konvensional.

Laporan tersebut mencatat, dari 10 ribu responden yang disurvei, sebanyak 73,5% sudah menggunakan layanan keuangan berupa Anjungan Tunai Mandiri (ATM) dan 73,1% menggunakan rekening bank.

Sedangkan yang menggunakan dompet digital baru 65,4% dan pengguna layanan keuangan digital lainnya lebih rendah lagi, seperti pengguna mobile banking yang hanya 13,3% dan internet banking 7,7%.

Survei ini dilakukan terhadap 10.000 responden yang tersebar di 34 provinsi Indonesia. Responden merupakan anggota rumah tangga berusia 13-70 tahun dan pernah mengakses internet dalam 3 bulan terakhir.

(Baca Juga: Indeks Literasi Digital Indonesia Membaik pada 2021)

Editor : Adi Ahdiat
Data Populer
Lihat Semua
instagram
Databoks Indonesia (@databoks.id)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari Katadata Indonesia.
twitter
Databoks Indonesia (@databoksid)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari @katadatacoid.