Ini Provinsi dengan Etika Digital Terbaik pada 2021

Teknologi & Telekomunikasi
1
Vika Azkiya Dihni 09/08/2022 16:30 WIB
Indeks Literasi Digital di 34 Provinsi Indonesia Pilar Digital Ethics (2021)
katadata logo databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Survei Kementerian Komunikasi dan Informatika bersama Katadata Insight Center (KIC) mengungkap Maluku Utara menjadi provinsi yang memiliki etika digital terbaik pada 2021.

Etika digital dalam survei ini menilai tentang bagaimana sikap masyarakat terkait komentar negatif di media sosial, mengunggah konten tanpa izin, menghargai privasi di media sosial, dan sebagainya.

Hasil survei mencatat bahwa Maluku Utara mendapatkan skor indeks literasi digital untuk pilar digital ethics atau etika digital tertinggi secara nasional, yakni 3,84 dari skala 1-5. Semakin tinggi skornya artinya semakin baik.

Aceh menduduki posisi kedua dengan skor indeks pilar digital ethics sebesar 3,74. Kemudian diikuti DKI Jakarta dan Jawa Tengah dengan skor masing-masing 3,72 dan 3,71.

Adapun dari 34 provinsi di Indonesia, terdapat 13 provinsi yang memiliki skor pilar digital ethics di atas rata-rata skor nasional yang sebesar 3,52. 

Sementara, mayoritas atau 21 provinsi memiliki skor pilar digital ethics di bawah rata-rata nasional. Papua dan Riau tercatat memiliki skor terendah yaitu 2,94 dan 2,70.

(Baca Juga: Survei: Mayoritas Publik Tahu Etika Digital dalam Gunakan Media Sosial)

Editor : Annissa Mutia
Data Populer
Lihat Semua
instagram
Databoks Indonesia (@databoks.id)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari Katadata Indonesia.
twitter
Databoks Indonesia (@databoksid)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari @katadatacoid.