Indeks Kesiapan Digital Asia Tenggara, Skor Indonesia Tergolong Rendah

Teknologi & Telekomunikasi
1
Nabilah Muhamad 20/09/2023 19:25 WIB
Skor Indeks Kesiapan Digital di Negara Asia Tenggara (2021)*
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Cicso, perusahaan teknologi asal Amerika Serikat, membuat studi Digital Readliness Index yang mengukur kesiapan digital di 146 negara.

Indeks tersebut dihitung berdasarkan tujuh indikator besar, yakni tingkat pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat, investasi pemerintah dan swasta di sektor teknologi, kemudahan berbisnis, kualitas sumber daya manusia, iklim usaha rintisan (start-up), tingkat adopsi teknologi digital, serta kondisi infrastruktur digital di setiap negara.

(Baca: Ini Negara Pemegang Proyek Infrastruktur Digital Terbesar di ASEAN)

Tujuh indikator tersebut kemudian dirumuskan menjadi skor dengan skala -2,5 sampai 2,5. Semakin tinggi skor suatu negara maka kesiapan digitalnya diasumsikan semakin baik, dan begitu pula sebaliknya.

Semisal, negara yang mendapat skor 1 diasumsikan memiliki kesiapan digital satu standar deviasi di atas rata-rata global. Sedangkan negara yang skornya -1, berarti satu standar deviasi di bawah rata-rata.

Dengan metode tersebut, pada 2021 Singapura dinilai memiliki kesiapan digital paling baik di Asia Tenggara, dengan perolehan skor 2,37 poin. Skor ini masuk kategori sangat kuat, bahkan menempatkan Singapura di peringkat puncak global.

Kemudian di peringkat dua Asia Tenggara ada Malaysia dengan skor 0,46 poin. Skor tersebut menempatkan Malaysia dalam kategori kesiapan digital tinggi.

Berikutnya ada Thailand dan Vietnam yang masing-masing memperoleh skor 0,46 dan 0,32 poin, keduanya masuk kategori kesiapan tinggi.

Sementara, pada 2021 Indonesia berada di peringkat kelima Asia Tenggara dengan perolehan skor -0,06 poin, masuk kategori kesiapan rendah.

Jika dirinci per indikator, Indonesia hanya mendapat nilai positif dalam hal pemenuhan kebutuhan dasar, kemudahan berbisnis, dan sumber daya manusia.

Sedangkan untuk indikator investasi sektor teknologi, iklim usaha rintisan (start-up), adopsi teknologi digital, dan kondisi infrastruktur digital, Indonesia memperoleh nilai negatif atau di bawah rata-rata global.

Lengkapnya, berikut daftar skor kesiapan digital di negara Asia Tenggara berdasarkan Digital Readiness Index 2021:

  1. Singapura: 2,37 poin
  2. Malaysia: 0,46 poin
  3. Thailand: 0,32 poin
  4. Vietnam: 0,22 poin
  5. Indonesia: -0,06 poin
  6. Filipina: -0,25 poin
  7. Kamboja: -0,38 poin
  8. Timor Leste: -0,80 poin
  9. Myanmar: -0,85 poin
  10. Laos: -0,89 poin

(Baca: Penetrasi Internet Indonesia Peringkat ke-8 di ASEAN, Siapa Teratas?)

Editor : Adi Ahdiat
Data Populer
Lihat Semua