Kominfo-KIC: Frekuensi Berbagi Informasi di TikTok Meningkat dalam 1 Tahun Terakhir

Teknologi & Telekomunikasi
1
Cindy Mutia Annur 03/08/2022 13:10 WIB
Frekuensi Berbagi Informasi di TikTok (2020-2021)
katadata logo databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

TikTok merupakan salah satu aplikasi media sosial yang semakin digandrungi pengguna di Tanah Air. Hal ini terlihat dari frekuensi berbagi informasi di aplikasi video pendek itu yang meningkat dalam setahun terakhir.

Berdasarkan laporan Status Literasi Digital di Indonesia 2021 yang dirilis Kementerian Komunikasi dan Informatika bersama Katadata Insight Center (KIC), frekuensi berbagi informasi di TikTok naik dari 2020 ke 2021.

Rinciannya, sebanyak 3,4% responden mengatakan sangat sering berbagi informasi di TikTok pada 2020. Lalu, persentasenya meningkat menjadi 13,1% pada 2021.

Kemudian, sebanyak 37,9% responden yang mengatakan sering berbagi informasi di TikTok pada 2020. Persentasenya meningkat menjadi 42,8% pada 2021.

Banyaknya frekuensi berbagi informasi di TikTok menunjukkan bahwa aplikasi media sosial ini semakin diminati masyarakat di Indonesia.

Adapun survei ini dilakukan pada tanggal 4-24 Oktober 2021 dengan menggunakan metode wawancara tatap muka. Sampel survei terdiri dari 10.000 responden yang tersebar di 34 provinsi, dengan kriteria berusia 13-70 tahun dan pernah mengakses internet dalam 3 bulan terakhir.

Survei memiliki margin of error sekitar 0,98% pada tingkat kepercayaan 95% dengan metode multistage random sampling.

(Baca: Warga Dunia Rata-rata Nonton TikTok Lebih dari 1,5 Jam per Hari)

Editor : Annissa Mutia
Data Populer
Lihat Semua
instagram
Databoks Indonesia (@databoks.id)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari Katadata Indonesia.
twitter
Databoks Indonesia (@databoksid)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari @katadatacoid.