Survei BI: Minat Rumah Tangga untuk Berutang Makin Berkurang pada April 2022

Keuangan
1
Vika Azkiya Dihni 22/05/2022 12:30 WIB
Persentase Rumah Tangga yang Berencana Melakukan Pengajuan Pembiayaan (Maret-April 2022)
katadata logo databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Minat rumah tangga di Indonesia yang berencana untuk berutang semakin sedikit. Hal ini tercermin dari survei Bank Indonesia (BI) yang menunjukan jumlah rumah tangga yang berencana untuk melakukan penambahan pembiayaan semakin berkurang pada April 2022.

Menurut survei BI, pada April 2022 terdapat 7% rumah tangga yang berencana melakukan pembiayaan ke depan. Persentase tersebut lebih rendah dibandingkan pada hasil survei bulan sebelumnya yang sebanyak 8,4%.

Secara lebih rinci, sebanyak 1,3% responden rumah tangga berencana menambah pembiayaan pada 3 bulan mendatang. Sebanyak 1,7% responden merencanakan pengajuan pada 6 bulan mendatang. Kemudian, ada 1,8% responden yang berencana menambah pembiayaan pada 12 bulan mendatang dan 2,1% responden berencana lebih dari 12 bulan mendatang. 

Adapun, sumber pembiayaan yang menjadi preferensi responden untuk menambah pembiayaan ke depan adalah bank umum, dengan persentase 55,6%. Ada pula 15,9% responden yang menambah pembiayaannya dari koperasi.

Sumber pembiayaan lainnya yang digunakan responden untuk menambah pembiayaan yaitu leasing dengan persentase 11,1%. Sementara, 9,8% responden mendapatkan sumber pembiayaan dari teman.

(Baca Juga: Konsumsi Rumah Tangga Tumbuh 0,19% (Q-to-Q) pada Kuartal I-2022)

Editor : Annissa Mutia
Data Populer
Lihat Semua
instagram
Databoks Indonesia (@databoks.id)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari Katadata Indonesia.
twitter
Databoks Indonesia (@databoksid)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari @katadatacoid.