Masyarakat Paling Sering Menyebarkan Informasi Melalui Whatsapp

Telecommunications
1
Hanna Farah Vania 30/11/-0001 00:00 WIB
Whatsapp jadi Media Sosial yang Paling Sering Digunakan untuk Menyebarkan Informasi (2021)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Masyarakat menjadikan Whatsapp sebagai media sosial yang paling sering digunakan untuk menyebar informasi. Berdasarkan hasil survei Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) dengan Katadata Insight Center (KIC) yang bertajuk “Status Literasi Digital di Indonesia 2021”, sebanyak 93,6 persen masyarakat menggunakan Whatsapp untuk menyebar dan meneruskan informasi pada 2021.

(Baca Juga: KIC: Masyarakat Indonesia Paling Sering Gunakan Media Sosial WhatsApp)

Sedangkan, pada 2020 persentasenya lebih kecil, yaitu 90,8 persen. Media sosial kedua yang paling sering digunakan untuk berbagi informasi adalah Facebook. Persentasenya sebesar 64,1 persen pada 2021, sementara 50,7 persen pada 2020. Di posisi ketiga, terdapat Youtube yang pada 2020 hanya sebesar 6,5 persen dan meningkat tajam penggunaannya pada 2021 sebesar 36,4 persen.

Begitu pun dengan Instagram, yang menempatkan posisi keempat. Pada 2020, 11,3 persen masyarakat menggunakannya untuk berbagi dan menyebarkan informasi. Pada 2021, angkanya meningkat hingga 29,4 persen. Aplikasi TikTok yang berada di posisi kelima juga mengalami hal yang sama.

Pada 2020, hanya 1,8 persen masyarakat yang menggunakan aplikasi tersebut untuk menyebarkan informasi. Sedangkan pada 2021 penggunaannya meningkat hingga 15,7 persen. Di posisi keenam, terdapat Telegram yang penggunaannya juga meningkat dari 2020 sebesar 1,4 persen menjadi 8,8 persen pada 2021.

Aplikasi Twitter berada di posisi ketujuh dengan persentase 1,3 persen pada 2020 dan 4,9 persen pada 2021. Sedangkan posisi terakhir terdapat Line yang digunakan 0,7 persen masyarakat pada 2020 dan 2,4 persen pada 2021. Total responden survei ini berjumlah 10 ribu orang dengan penentuan sampel adalah anggota rumah tangga berusia 13-70 tahun, serta mengakses internet dalam 3 bulan terakhir.

Berdasarkan hasil survei, saudara dan keluarga menjadi orang yang paling sering membagikan informasi kepada responden. Begitu juga dalam hal meneruskan informasi, 74,6 persen responden mengaku meneruskan kembali informasi yang diterima kepada keluarga atau saudara mereka.

Dalam konteks perilaku di media sosial, terdapat beberapa hal yang sering dilakukan oleh sekitar 16 persen responden di media sosial. Beberapa di antaranya adalah menambahkan informasi lokasi terkini dan mengunggah foto Kartu Tanda Penduduk (KTP).

Editor : Dini Hariyanti
Data Populer
Lihat Semua