WhatsApp Sempat Down, Ini Sejumlah Masalah yang Dikeluhkan Warga

Teknologi & Telekomunikasi
1
Cindy Mutia Annur 26/10/2022 14:50 WIB
Masalah yang Dilaporkan Pengguna WhatsApp dalam 24 Jam Terakhir (26 Oktober 2022 Pukul 12.39 WIB)
katadata logo databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Layanan pesan instan WhatsApp dilaporkan mengalami gangguan (down) pada Selasa (25/10) siang. Gangguan tersebut berlangsung sekitar pukul 14.00 hingga 16.00 WIB.

Menurut data Downdetector, gangguan tak hanya terjadi di Indonesia, melainkan juga di Singapura dan beberapa negara lainnya seperti India, Filipina, hingga Amerika Serikat.

Downdetector menerima laporan terbanyak pada pukul 14.29 WIB, yakni sebanyak 9.144 laporan. Jumlah laporannya menurun menjadi 662 laporan pada Pukul 16.05 WIB.

Data Downdetector mencatat, terdapat sejumlah masalah yang dilaporkan pengguna saat WhatsApp dalam 24 jam terakhir hingga Rabu, 26 Oktober 2022 pukul 12.39 WIB.

Mayoritas atau 50% melaporkan bermasalah pada aplikasi. Lalu, ada pula yang melaporkan masalah pada koneksi server (44%) dan situs web (6%).

TechCrunch melaporkan bahwa DownDetector menerima lebih dari 60 ribu keluhan tentang WhatsApp dalam satu jam pertama platform media sosial tersebut mengalami gangguan. Pengguna melaporkan bahwa mereka tidak dapat mengirim atau menerima pesan baru, mendaftar ke WhatsApp, memperbarui informasi profil atau pengaturan privasi.

“Kami menyadari bahwa beberapa orang saat ini mengalami masalah dalam mengirim pesan dan kami sedang berupaya memulihkan WhatsApp untuk semua orang secepat mungkin,” kata juru bicara Meta dikutip dari TechCrunch, Selasa (25/10).

Namun WhatsApp tidak memerinci penyebabnya. Sedangkan WaBetaInfo melaporkan bahwa masalahnya terjadi pada sisi server.

(Baca: Ini Aplikasi Medsos yang Paling Sering Digunakan Sehari-hari)

Editor : Annissa Mutia
Data Populer
Lihat Semua
instagram
Databoks Indonesia (@databoks.id)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari Katadata Indonesia.
twitter
Databoks Indonesia (@databoksid)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari @katadatacoid.